Terjemahan Kitab Tuhfatul Ikhwan Fi Ilmi Bayan | Contoh Majaz Isnad, hal 11-12, cetakan haramain (Part 4)
ثُمَّ شَرَعَ فِى اَمْثِلَة المَجَازِى العَقْلِى فَقَالَ (نَحْوُ نَهَارُهُ صَائِمٌ) فِيْمَا بُنِى لِلْفَاعِلِ وَاُسْنِدَ اِلَى الزَّمَانِ مَجَازًا وَالاَصْلُ ذَيْدٌ صَائِمٌ فِى نَهَارِهِ فَحُذِفَ المُبْتَدَأُ وَاُقِيْمَ الزَّمَانُ مَقَامَهُ وَاُسْنِدَ اِلَيهِ صَائِمٌ (وَنَهْرُ جَارٍ) فِيْمَا بُنِى لِلْفَاعِلِ وَاُسْنِدَ لِلْمَكَانِ إِذِ النَّهْرُ مَكَانُ جَرْىِ الْمَاءِ وَالْاَصْلُ المَاءُ جَارٍ فِى النَّهْرِ (وَعِيْشَةٌ رَاضِيَةٌ) فِيْمَا بُنِى لِلْفَاعِلِ وَأُسْنِدَ إِلَى المَفْعُوْلِ بِهِ إِذِ العِيْشَةُ مَرْضِيَةٌ وَالاَصْلُ هُوَ رَاضٍ عِيْشَتَهُ فَحُذِفَ المُبْتَدَأُ وَأُقِيْمَ المَفْعُولُ مَقَامَهُ وَأُسْنِدَ اِلَيهِ الرِّضَا وَحُذِفَ المُضَافُ اِلَيهِ وَأَمَّا فِى الاَيَةِ فَقَدْ جُعِلَ الفَاعِلُ مَظْرُوْفًا فِى العِيْشَةِ مُبَالَغَةً ثُمَّ أُسْنِدَ اِلَيْهَا رَاضِيَةٌ
Kemudian pengarang memulai dalam memberi contoh majaz 'Aqli, pengarang berkata نَهَارُهُ صَائِمٌ (hari seseorang berpuasa ia) pada sesuatu yang dibina bagi fa'il (isim fa'il) kemudian disandarkan isim fa'il tersebut bagi zaman secara majaz, asalnya adalah ذَيْدٌ صَائِمٌ فِى نَهَارِهِ (si Zaid berpuasa pada harinya) dibuangkan mubtada dan diposisikan zaman pada posisi mubtada kemudian disandarkan صَائِمٌ kepada zaman tersebut.
Contoh kedua نَهْرُ جَارٍ (sungai yang mengalir) pada sesuatu yang dibina bagi fa'il (isim fa'il) dan disandarkan isim fa'il tersebut bagi makan (tempat) karena lafad النَّهْرُ adalah tempat mengalir air, asalnya adalah المَاءُ جَارٍ فِى النَّهْرِ (air mengalir dalam sungai).
Contoh ketiga عِيْشَةٌ رَاضِيَةٌ (kehidupan yang merelakan) pada sesuatu yang dibina bagi fa'il (isim fa'il) dan disandarkan isim fa'il tersebut bagi maf'ul bih, karena kehidupan adalah yang direlakan, asalnya هُوَ رَاضٍ عِيْشَتَهُ (seseorang merelakan kehidupannya), dibuangkan mubtada dan diposisikan maf'ul bih pada posisi mubtada, kemudian disandarkan lafad الرِّضَا kepada maf'ul bih tersebut, dan dibuangkan mudhaf ilaih, adapun contoh yang ada dalam ayat, fa'il dijadikan sebagi madhruf dalam العِيْشَةِ untuk mubalaghah, kemudian disandarkan رَاضِيَةٌ kepada العِيْشَةِ.
وَسَالَتِ الاَبَاطِحُ) فِى الفِعْلِ المَبْنِى لِلْفَاعِلِ وَأُسْنِدَ إِلَى المَفْعُوْلِ بِوَاسِطَةِ فِى وَالاَصْلُ سَالَ المَاءُ فِى الاَبَاطِحِ فَحُذِفَ الجَارُ تَوَسُّعًا ثُمَّ حُذِفَ الفَاعِلُ وَأُسْنِدَ الفِعْلُ اِلَى المَفْعُوْلِ (وَأَخْرَجَتِ الاَرْضُ أَثْقَالَهَا) فِيْمَا أُسْنِدَ لِلْمَفْعُوْلِ بِوَاسِطَةِ مِنْ وَالاَصْلُ أَخْرَجَ اللهُ مِنَ الاَرْضِ أَثْقَالَهَا فَفُعِلَ بِهِ كَمَا فِى الَّذِى قَبْلَهُ وَالاَثْقَالُ جَمْعُ ثَقَلٍ بِفَتْحَتَيْنِ وَهُوَ مَتَاعُ البَيْتِ أَى مَا فِيْهَا مِنَ الدَّفَائِنِ (وَاَنْبَتَ الرَّبِيْعُ البَقْلَ) فِيْمَا أُسْنِدَ لِلسَّبَبِ العَادِى والمُنْبِتُ حَقِيْقَةً هُوَ اللهُ تَعَلَى (وَبَنَى الاَمِيْرُ المَدِيْنَةَ) فِيْمَا أُسْنِدَ لِلسَّبَبِ الآمِرِ وَالبَانِى حَقِيْقَةً هُوَ اللهُ
Conotoh keempat سَالَتِ الاَبَاطِحُ (mengalir pantai) pada fi'il yang dibina bagi fa'il (fi'il ma'ruf) dan disandarkan fi'il tersebut bagi maf'ul dengan perantaraan huruf Fi, asalnya adalah سَالَ المَاءُ فِى الاَبَاطِحِ (mengalir air dalam pantai), dibuangkan huruf jar untuk tawassuu' (tawassu' :menjadikan sesuatu yang pada dasarnya tidak boleh) kemudian dibuangkan fa'il dan disandarkan fi'il tersebut kepada maf'ul.
Contoh kelima أَخْرَجَتِ الاَرْضُ أَثْقَالَهَا (bumi mengeluarkan harta bendanya) pada sesuatu yang dibina bagi maf'ul dengan perantaraan huruf min, asalnya adalah أَخْرَجَ اللهُ مِنَ الاَرْضِ أَثْقَالَهَا (Allah mengeluarkan harta benda dari bumi), maka dilakukan pada contoh ini dengan hal yang sama seperti contoh yang ada pada sebelumnya, kata-kata الاَثْقَال adalah jama' dari ثَقَل dibaca dengan fatah tsa dan fatah qaf, artinya adalah mata benda rumah yaitu sesuatu yang ada dalam rumah berupa الدَّفَائِن (harta benda yang tertanam).
Contoh yang keenam اَنْبَتَ الرَّبِيْعُ البَقْل (hujan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan) pada sesuatu yang dibina bagi sebab 'adi dan yang menumbuhkan secara hakikat adalah Allah ta'ala.
Contoh yang ketujuh بَنَى الاَمِيْرُ المَدِيْنَةَ (raja membangun kota Madinah) pada sesuatu yang sandarkan bagi sebab orang yang memerintahkan, dan yang membangun secara hakikat adalah Allah.
Baca sebelumnya : Terjemahan Kitab Tuhfatul Ikhwan Part 3
Baca Lanjutannya : Terjemahan Kitab Tuhfatul Ikhwan Part 5
Link Lengkap : Terjemahan Kitab Tuhfatul Ikhwan
Post a Comment for "Terjemahan Kitab Tuhfatul Ikhwan Fi Ilmi Bayan | Contoh Majaz Isnad, hal 11-12, cetakan haramain (Part 4)"