menuj Terjemahan Kitab Matan Jauharah Tauhid, Nadham 46-47 - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terjemahan Kitab Matan Jauharah Tauhid, Nadham 46-47


Nadham 46-47

 وَخَاذِلٌ لِمَنْ اَرَادَ بُعْدَهُ - وَمُنْجِزٌ لِمَنْ اَرَادَ وَعْدَهُ

فَوْزُ السَّعِيْدِ عِنْدَهُ فِى الاَزَلِ - كَذَا الشَّقِيِّ ثُمَّ لَمْ يَنْتَقِلِ

Terjemah Versi Aceh :

1. Dan bermula Dia-Nya Allah itu Maha Menghinakan bagi siman yang merencana ia-Nya Allah akan jauhnya man - dan itu yang Maha Memberi ia-Nya Allah bagi siman yang merencana ia-Nya Allah akan janji-Nya Allah. 

2. Maka bermula kemenangan orang bahagia disisi-Nya Allah itu tsabit dalam Azali - tsabit seperti demikian itu orang celaka kemudian tidak berpindah ianya tiap-tiap.

Terjemah Umum :

1. Allah Maha Memberi kehinaan bagi orang yang Dikehendaki-Nya untuk jauh juga Allah Maha Memberi bagi orang yang Dikehendaki akan janji-Nya Allah.

2. Orang yang bahagia sudah ada dalam Azali, begitu pula orang yang celaka, dan ini tidak akan tergantikan.

Penjelasan :

- Allah subhana wata'ala adalah zat yang Maha Memberi kehinaan bagi orang-orang yang Dikehendaki-Nya untuk jauh dari rahmat dan mahabbah-Nya (kecintaan). Allah ta'ala juga Maha Memberi kepada orang-orang yang Dikehendaki-Nya untuk mendapatkan janji-Nya Allah.

- Orang-orang yang akan mendapatkan kebahagiaan itu sudah ada didalam Azali, begitu juga orang yang mendapatkan celaka, itu semua sudah ada ketentuan-Nya Allah pada Azali, dan perkara ini tidak akan tertukar, jika sudah tertulis bahagia maka akan tetap bahagia, begitu juga celaka, jika sudah tertulis celaka pada Azali, maka akan tetap celaka. 

Baca sebelumnya: Nadham 42-45

Baca lanjutannya : Nadham 48-50

Post a Comment for "Terjemahan Kitab Matan Jauharah Tauhid, Nadham 46-47"