menuj Terjemahan Matan Ghayah wa Taqrib | Fasal Iddah | Kitab Nikah, Part 62 - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terjemahan Matan Ghayah wa Taqrib | Fasal Iddah | Kitab Nikah, Part 62


فصل والمعتدة على ضربين متوفى عنها وغير متوفى عنها فالمتوفى عنها إن كانت حاملا فعدتها بوضع الحمل وإن كانت حائلا فعدتها أربعة أشهر وعشر وغير المتوفى عنها إن كانت حاملا فعدتها بوضع الحمل وإن كانت حائلا وهي من ذوات الحيض فعدتها ثلاثة قروء وهي الأطهار وإن كانت صغيرة أو آيسة فعدتها ثلاثة أشهر 

(Fasal) Perempuan yang beriddah itu ada dua macam: Pertama perempuan yang meninggal suaminya dan yang kedua adalah permpuan yang tidak meninggal suaminya.

Iddah perempuan yang meninggal suaminya, maka apabila ia hamil, iddahnya adalah wadha' (melahirkan). Dal bila ia tidak hamil maka iddahnya empat bulan sepuluh hari.

Iddah akibat cerai bukan disebabkan meninggal suaminya, apabila ia hamil maka iddahnya adalah melahirkan, dan jika tidak hamil dan masih subur (haid) maka iddahnya tiga kali suci.

Iddah bagi perempuan yang dicerai yang msih kecil atau perempuan yang sudah luas ( tidak haid lagi ) maka iddahnya tiga bulan.

والمطلقة قبل الدخول بها لا عدة عليها وعدة الأمة بالحمل كعدة الحرة وبالإقراء أن تعتد بقرأين وبالشهور عن الوفاة أن تعتد بشهرين وخمس ليال وعن الطلاق أن تعتد بشهر ونصف فإن اعتدت بشهرين كان أولى

Perempuan yang diceraikan sebelum didukhul (hubungan intim) maka ia tidak punya iddah.

Iddahnya budak perempuan yang hamil adalah seperti iddahnya perempuan yang merdeka, jika dalam bandinan masa suci, maka budak permpuan beriddah selama dua kali masa suci, jika dalam bandingan bulan, karena meninggal suaminya, maka iddahnya adalah dua bulan tambah lima malam. dan jika budak perempuan itu ditalak suaminya, maka iddahnya adalah satu bulan setengah, dan jika ia beriddah selama dua bulan, maka itu lebih baik.

Baca sebelumnya: Part 61

Baca lanjutannya: Part 63

Post a Comment for "Terjemahan Matan Ghayah wa Taqrib | Fasal Iddah | Kitab Nikah, Part 62"