menuj Terjemahan Matan Ghayah wa Taqrib | Fasal Barang Jminan - Fasal Hajar | Kitab Jual Beli, Part 42 - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terjemahan Matan Ghayah wa Taqrib | Fasal Barang Jminan - Fasal Hajar | Kitab Jual Beli, Part 42

 


فَصْلٌ: وَكُلُّ مَا جَازَ بَيْعُهُ جَازَ رَهْنُهُ فِي الدُّيُونِ إِذَا اسْتَقَرَّ ثُبُوتُهَا فِي الذَّمَّةِ، وَلِلرَّاهِنِ الرُّجُوعُ فِيهِ مَا لَمْ يَقْبِضْهُ وَلاَ يَضْمَنُهُ المُرْتَهِنُ إِلاَّ بِالتَّعَدِّي وَإذَا قَبَضَ بَعْضَ الحَقِّ لَمْ يَخْرُجْ شَيْءٌ مِنَ الرَّهْنِ حَتَّى يَقْضِى جَمِيعَهُ

(Fasal) Setiap sesuatu yang boleh untuk menjualnya, maka boleh menjadikannya sebagai barang jaminan dalam masalah hutang, apabila telah tetap sebutnya hutang dalam zimmah (tanggungan).

Bagi si rahin (orang menyerahkan barang jaminan) boleh menarik kembali barang jaminan selama ia belum menyerahkan barang jaminan tersebut. dan bagi murtahin (orang yang menerima barang jaminan) tidak membayar barang jaminan tersebut (apabila hilang) kecuali hilang dengan sebab sengaja, dan apabila si murtahin menerima sebagian hak, maka tidak keluar sesuatu pun dari barang jaminan, sehingga ia menerima seluruhnya.

فَصْلٌ: وَالحَجْرِ عَلَى سِتَّةٍ الصَّبِيُّ وَالمَجْنُونُ وُالسَّفِيهُ المُبَذِّرُ لِمَالِهِ وَالمُفْلِسُ الَّذِي ارْتَكَبَتْهُ الدُّيُونُ وَالمَرِيضُ فِيمَا زَادَ عَلَى الثُّلُثِ وَالعَبْدُ الَّذِي لَمِ يُؤْذَنْ لَهُ فِي التِّجَارَةِ. وَتَصَّرُّفُ الصَّبِيِّ وَالمَجْنُونِ وَالسَّفِيهِ غَيْرُ صَحِيحٍ وَتَصَرُّفُ المُفْلِسِ يَصِحُّ فِي ذِمَّتِهِ دُوْنَ أَعْيَانِ مَالِهِ وَتَصَرُّفُ المَرِيضِ فِيمَا زَادَ عَلَى الثُّلُثِ مَوْقُوفٌ عَلَى إِجَازَةِ الوَرَثَةِ مِنْ بَعدِهِ وَتَصَرُّفُ العَبْدِ يَكُونُ فِي ذِمَّتِهِ يُتْبَعُ بِهِ بَعْدَ عِتْقِهِ

(Fasal) Hajar (menahan mempergunakan harta) berlaku kepada enam orang:

1. Anak kecil.

2. Orang gila.

3. Safih (orang yang mubazir dalam harta)

4. Muflis (orang yang banyak hutang)

5. Orang sakit melebihi sepertiga.

6. Seorang budak yang tidak diizinkan untuk berniaga.

Anak kecil, orang gila, orang yang mubazir harta tidak sah untuk mempergunakan harta, sedangkan si muflis sah untuk mempergunakan harta dalam tanggungannya, bukan diri harta, orang sakit yang ingin mempergunakan harta melebihi sepertiga dari hartanya adalah memerlukan izin dari ahli waris dan tasaruf seorang budak berada dalam tanggungannya, dan mengikuti sesudah merdekanya.

Baca sebelumnya: Part 41

Baca lanjutannya: Part 43

Post a Comment for "Terjemahan Matan Ghayah wa Taqrib | Fasal Barang Jminan - Fasal Hajar | Kitab Jual Beli, Part 42"