menuj Imam Sibawaihi Menceraikan Istrinya, Lantaran Sang Istri Cemburu dan Membakar Kitab-Kitabnya - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Imam Sibawaihi Menceraikan Istrinya, Lantaran Sang Istri Cemburu dan Membakar Kitab-Kitabnya


Abu 'Ali Al-Farisi (w. 377 H), seorang ahli bahasa penulis kitab Al-Idah pernah bercerita tentang pernikahan Imam Sibawaih(w. 180 H), orang yang pertama kali menulis buku tentang tata bahasa Arab yang berjudul Al-Kitab. 

Al-Farisi bercerita: “Suatu waktu Sibawaih menikahi seorang perempuan yang telah lama mencintai dirinya, ia tidak tega menggantungkan perasaan perempuan tersebut. Pada waktu itu, Sibawaih tengah menyempurnakan proyek kitabnya yang baru sampai pertengahan.

Sibawaih asik dengan dunianya, sedangkan sang perempuan hanya termenung di atas tumpukan kertas dan kulit, menunggu kekasihnya selesai dari buku dan mulai untuk menyentuhnya yang waktu itu dia sudah sah menjadi istri. 

Ternyata, Sibawaih tak kunjung selesai. Dia sama sekali tidak peduli dengan perempuan yang telah ia nikahi. Kesibukannya hanya terus berpikir untuk menulis, bergadang demi membaca, dan terus berduaan dengan buku yang menumpuk. 

Tidak tahan karena terus diduakan dengan kitab, wanita itu menyusun siasat. Dia pun memaksa Sibawaih untuk keluar rumah demi membeli beberapa kebutuhan rumah tangga. Saat Sibawaih sudah keluar, istrinya pun menyalakan api dan melempar semua kitab Sibawaih ke kobaran api hingga lenyap menjadi abu. 

Beberapa waktu kemudian, Sibawaih pulang membawa kebutuhan rumah tangga yang diminta oleh istrinya. Saat dia melihat semua bukunya telah menjadi abu, dia terkejut, kemudian jatuh dan pingsan tak sadarkan diri. Saat sudah agak baikan dan kembali sadar, tidak menunggu lama, Sibawaih memutuskan untuk menceraikan istrinya, dan melanjutkan kemesraannya dengan kitab miliknya. 

Al-Farisi mengomentari kejadian itu: “Dengan dibakarnya banyak buku Sibawaih, telah hilang sebagian besar ilmunya saat mengaji bersama Al-Khalil Al-Farahidi, sang pencetus ilmu 'arudh.”

Sumber :

(Abu al-A'la al-Baghdadi, al-Fusuh, halaman 5-8)

Facebook : Faharizal Fadil

Post a Comment for "Imam Sibawaihi Menceraikan Istrinya, Lantaran Sang Istri Cemburu dan Membakar Kitab-Kitabnya "