menuj Terjemahan Kitab Matan Jauharah Tauhid, Nadham 58-60 - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terjemahan Kitab Matan Jauharah Tauhid, Nadham 58-60


Nadham 58 

 لَكِنْ بِذَا إِيْـمَانُنَا قَدْ وَجَبَا - فَدَعْ هَوَى قَوْمٍ بِهِمْ قَدْ لَعِبَا

Terjemah Aceh :

- Akan tetapi dengan ini (masalah mengutus Rasul) bermula iman kita itu sungguh wajib ianya iman - maka tinggalkan oleh mu akan keinginan kaum yang bermain-main ianya kaum dengan mereka Rasul.

Terjemah Umum :

- Tetapi wajib kita imani bahwa Allah mengutus Rasul, maka tiggalkanlah yang bermai-main dengan mereka itu Rasul.

Penjelasan :

- Mengutus Rasul adalah perkara yang jaiz bagi Allah, namun demikian mengutus Rasul adalah wajib kita imani, maka karena itu tinggalkanlah pendapat yang bathil dari kaum kaum yang mengatakan bahwa tidak wajib kita mengimani tentang urusan mengutus Rasul ini.

Nadham 59

وَوَاجِبٌ فِى حَقِّهِمُ الأَمَانَةْ - وَصِدْقُهُمْ وَضِفْ لَهُ الْفَطَانَةْ

Terjemah Aceh :

- Dan bermula sifat-sifat yang wājib pada hak mereka (para Rasul) itu amanah - dan itu jujur mereka (Rasul) dan sandarkan oleh mu baginya (Rasul) akan sifat fathānah (cerdas).

Terjemah Umum :

- Wajib bagi hak para Rasul adalah Amanah, Shiddiq (jujur) dan Fathanah (cerdas).

Penjelasan :

- Setelah selesai mushannif menerangkan tentang sifat yang wajib, mustahil dan yang harus bagi Allah, sekarang mushannif ingin menerangkan tentang sifat yang wajib, mustahil dan harus bagi Rasul. 

Maka sifat yang wajib bagi Rasul yang pertama adalah Amanah yaitu memelihara dhahir dan bathin mereka Rasul dari melakukan sesuatu yang Dilarang oleh Allah

Kemudian yang wajib bagi Rasul adalah Shidqu (benar) yaitu benar ucapan mereka itu bagi kejadian walaupun itu hasil dari i'tiqad mereka itu Rasul sendiri.

Sifat yang ketiga yang wajib bagi Rasul adalah Fathanah (cerdas) yaitu cerdas dan yakin untuk dapat mengalahkan perdawaan dan membatah pendapat lawan yang bathil.

Nadham 60

وَمِثْلُهَا تَبْلِيْغُـهُمْ لِمَا أَتَوْا - وَيَسْتَحِيْـلُ ضِدُّهَا كَمَا رَوَوْا

Terjemah Aceh :

- Dan bermula seumpanya (sifat-sifat yang wajib) itu menyampaikan mereka bagi barang yang datang oleh mereka (para Rasul) - dan Mustahillah lawannya (sifat-sifat) sebagaimana barang yang diriwayat oleh mereka ulama.

Terjemah Umum :

- Seumpanya sifat yang wajib bagi Rasul adalah menyampaikan apa yang diturunkan kepada mereka, dan mustahil lawan sifat sifat yang wajib bagi Allah.

Penjelasan :

- Kemudian sifat yang terakhir yang wajib bagi Rasul adalah Tabligh yaitu menyampailan apa saja yang telah diwahyukan oleh Allah kepada mereka.

Dan mustahil para Rasul bersifat berlawanan dengan ini sifat, yaitu lawan dari sifat Amanah adalah Khiyanat, lawan dari sifat dari sifat Shidqu (benar) adalah Kizbu (dusta), lawan dari sifat Fathanah (cerdas) adalah Baladah (bodoh) dan lawan dari sifat Tabligh (menyampaikan) adalah Kitman (menyembunyikan).

Baca sebelumnya : Nadham 55-57

Baca lanjutannya : Nadham 61-65

Post a Comment for "Terjemahan Kitab Matan Jauharah Tauhid, Nadham 58-60"