menuj 10 Adab Berdoa Agar Diterima Oleh Allah - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Adab Berdoa Agar Diterima Oleh Allah


Do'a adalah satu hal yang penting dalam kehidupan, dalam usaha, dan juga dalam ibadah, Nabi sendiri yang merupakan orang yang paling tinggi derajatnya, yang tidak mungkin keinginan beliau tidak di kabulkan oleh Allah, juga berdo'a, lantas bagaimana dengan kita?? Apakah kita malas untuk berdo'a?

Pastinya setiap orang ingin sesuatu yang diharapkannya akan cepat terkabul, maka dalam agama kita diajarkan bagi seseorang yang mempunyai suatu hajat, agar berdo'a kepada Allah dengan penuh kekusyukan.

Dalam berdo'a juga terdapat adab-adab yang harus disertakan oleh setiap orang yang ingin meminta hajat hajatnya kepada Allah. Sebagaimana yang disampaikan oleh Syaikh Ibrahim Al-Baijuri dalam kitabnya Tuhfatul Murid, halaman 92: 

ومن آدابه أن يتحرى الأوقات الفاضلة كان يدعو في السجود وعند الأذان والإقامة ومنها تقديم الوضوء والصلاة واستقبال القبلة ورفع الأيادي إلى جهة السماء وتقديم التوبة والاعتراف بالذنب والإخلاص وافتتاحه بالحمد والصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم وختمه بها وجعلها في وسطه أيضا

Artinya, “Salah satu adabnya adalah menggunakan waktu-waktu yang utama, yaitu berdoa saat sujud, berdoa saat jeda antara azan dan iqamah. Salah satu adabnya lagi adalah bersuci terlebih dahulu, shalat, menghadap kiblat, mengangkat kedua tangan ke arah langit, bertobat terlebih dahulu, pengakuan dosa terlebih dahulu, ikhlas dalam berdoa, membuka doa dengan tahmid dan shalawat nabi, mengakhiri doa dengan shalawat nabi, dan juga membaca shalawat nabi di tengah doa,”

Maka bisa kita simpulkan bahwa adab dalam sebagaimana yang telah disampaikan oleh Syaikh Ibrahim Albaijuri adalah 11.

1. Berdo'a diwaktu yang utama, yaitu saat sujud dan diantara azan dan iqamah.

2 Bersuci terlebih dahulu.

3. Melakukan Shalat.

4. Menghadap Qiblat.

5. Mengangkat tangan kearah langit.

6. Bertobat dan Pengakuan dosa terlebih dahulu. 

7. Ikhlas dalam berdo'a.

8. Memulai do'a dengan tahmid dan shalawat kepada Nabi,

9. Mengakhiri do'a dengan shalawat Nabi.

10. Membaca shalawat di pertengahan do'a.

Post a Comment for "10 Adab Berdoa Agar Diterima Oleh Allah"