menuj Kisah Syaqiq Al Balkhi Guru Syaikh Hatim Al Asham yang Memilih Jalan Zuhud setelah Mengalami suatu Kejadian..!! - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Syaqiq Al Balkhi Guru Syaikh Hatim Al Asham yang Memilih Jalan Zuhud setelah Mengalami suatu Kejadian..!!


Dalam kitab Nashaihul Ibad karangan Imam Nawawi Al Bantani, disebutkan suatu kisah yang luar biasa, yaitu tentang taubatnya Syaqiq Al Balkhi gurunya Syaikh Hatim Al Asham.

Berikut naskah lengkapnya..

قيل كان سبب توبته انه كان من ابناء الاغنياء خرج للتجارة الى ارض الترك فدخل بيتا للاصنام فراى خادما للاصنام قد حلق رأسه ولحيته فقال شقيق للخادم ان لك صانعا حيا عالما فادرا فاعبده ولا تعبد هذه الاصنام التى لا تضر ولا تنفع فقال ان كان الامر كما تقول فهو قادر على ان يرزقك ببلدك فلم تحملت المشقة الى ههنا للتجارة فانتبه شقيق واخذ فى طريق الذهد

"Dikatakan orang adalah sebab taubatnya Syaqiq Al Balkhi bahwa beliau merupakan anak seorang hartawan yang memutuskan beralih melakoni perjalanan ruhani menjadi seorang zāhid Pada mulanya, dalam suatu perjalanan niaga ke Turki.

Syaqiq sempat singgah masuk ke sebuah rumah penyembahan berhala. Di dalamnya terdapat banyak sekali berhala dan dilihatnya juga banyak rahib-rahib yang berkepala gundul dan tidak berjenggot.  

Lantas Syaqiq Al-Balkhi berjumpa dengan salah seorang pelayan berhala, lalu berkata: “Kamu diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Hidup dan Menghidupimu, Maha Mengetahui dan Maha Kuasa. Maka menyembahlah kepada-Nya, tidak usah lagi menyembah berhala-berhala yang tidak memberikan mudarat maupun manfaat kepadamu!” 

Kemudian dengan diplomatis pelayan itu menjawab enteng, “Jika benar apa yang kamu katakan, bahwa Tuhan Maha Kuasa memberi rezeki kepadamu di negerimu sendiri, kenapa Tuan dengan susah payah datang kemari untuk berniaga?” 

Syaqiq melongo. Tercengang. Kena skak. Maka terketuklah hati Syaqiq dan untuk selanjutnya menempuh kehidupan zuhud".

(Nashaihul Ibad, halaman 61, cetakan Darul Kutub Islamiyah)

Post a Comment for "Kisah Syaqiq Al Balkhi Guru Syaikh Hatim Al Asham yang Memilih Jalan Zuhud setelah Mengalami suatu Kejadian..!!"