menuj Sebelum datangnya perintah Shalat 5 waktu, Ibadah apakah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad?, Simak ulasan berikut ini..!! - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebelum datangnya perintah Shalat 5 waktu, Ibadah apakah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad?, Simak ulasan berikut ini..!!


Pertanyaan :

Sebelum Nabi besar Muhammad saw mendapatkan perintah dari Allah untuk mendirikan Shalat, apakah yang beliau lakukan?

Jawaban :

Sebelum datangnya perintah shalat lima waktu, Rasulullah mengajak umat manusia untuk mengesakan Allah, dan meninggalkan kemusyrikan, secara terperincinya beliau menerapkan Akhlaqul Karimah, budi pekerti yang mulia.

Dalam kitab Zadul Ma'ad fi Hadyi Khairil ibad disebutkan:

فصل فى ترتيب الدعوة ولها مراتب المرتبة الاولى النبوة الثانية انذار عشيرته الاقربين الثالثة انذار قومه الرابعة انذار قوم ما اتاهم من نذير من قبله وهم العرب قاطبة الخامسة انذار جميع من بلغته دعوته من الجن والانس الى اخر الدهر

"Ini Fashal pada menyatakan susunan Dakwah Rasulullah, dan dakwah Rasulullah ada beberapa tingkatan

1. Nubuwwah (kenabian)

2. Memberi khabar takut kepada keluarga terdekat

3. Memberi khabar takut kepada kaumnya

4. Memberi khabar takut kepada kaum yang belum pernah datang peringatan sebelum itu yaitu bangsa arab semua

5. Memberi khabar takut kepada seluruh umat manusia yang sampai kepada mereka dakwahnya Rasulullah, dari bangsa jin dan manusia sampai akhir masa.

Kesimpulannya:

Sebelum datangnya perintah Shalat 5 waktu, Rasulullah hanya mengajak umat untuk mengesakan Allah, yaitu dengan meninggalkan kemusyrikan, dan juga Rasulullah mengerjakan ibadah yang lain selain dari shalat, yaitu berkhalwat (ibadat menyendiri di gua tsur)

(Taudhihul Adillah, jilid 5, hal 20-21, karangan K.H Syafi'i Hadzami)

Post a Comment for "Sebelum datangnya perintah Shalat 5 waktu, Ibadah apakah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad?, Simak ulasan berikut ini..!!"