menuj Pencetus Ilmu Nahwu - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pencetus Ilmu Nahwu

 


Dalam dunia pesantren, ilmu nahwu ini adalah salah satu ilmu yang wajib untuk dipelajari bagi santri jika ingin untuk bisa membaca kitab-kitab turats (kitab gundul)

Karena benarnya harakah/baris akhir suatu kalimat ini disebabkan oleh pahamnya seseorang tentang ilmu nahwu. 

Karena itu ilmu Nahwu sangat perlu untuk dipelajari, namun sungguh tidak layak bagi kita pecinta ilmu nahwu, bila kita tidak mengetahui siapa pencetus pertama ilmu Nahwu, karena bila orang suka terhadap seseorang, pasti ia akan mencari tahu tentang sesuatu itu, begitu pula tentang ilmu Nahwu. 

Bila kita menganggap diri kita cinta akan ilmu Nahwu, maka sungguh sanggat janggal jika, kita tidak mengetahui siapa pencetus ilmu Nahwu. 

Nah,, pada artikel ini penulis ingin memberitahu kepada para pembaca, tentang siapakah pencetus ilmu Nahwu pada pertama kalinya.

Ulama yang pertama yang mencetus ilmu Nahwu adalah Abu Aswad Ad Du'ali, hal ini terjadi adalah atas arahan dari Saidini 'Ali radhiallahu' anha.

Ketika itu terjadi perselisihan antara Abu Aswad Ad Du'ali dengan putrinya, lantas pada pagi harinya Abu Aswad Ad Du'ali pergi menemui Saidina Ali, dan menceritakan kejadian yang di alami oleh nya, pada Saidina Ali.

Kemudian Saidina menyuruh Abu Aswad Ad Du'ali untuk menyiapkan lembaran kertas, lantas Saidina mengajari Abu Aswad Ad Du'ali, beberapa materi yang berkaitan dengan masalah Nahwu 

Kemudian Saidina Ali mengatakan انح هذ النحو "Namakanlah ini ilmu Nahwu"

Dari kata kata inilah Abu Aswad Adduali mengadopsi nama, dan kemudian menamai materi yang di ajarkan oleh Saidina Ali sebagai ilmu Nahwu.

Untuk kelengkapan cerita ini, In Syaa Allah akan kami buat artikel lain tentang sejarah asal mula ilmu Nahwu.

Semoga bermanfaat, salam Admin Pena Teungku. 

Post a Comment for "Pencetus Ilmu Nahwu "