menuj Ayah Sop Jeunieb: Membina Rumah Tangga Tidak Cukup Hanya Dengan Cinta - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ayah Sop Jeunieb: Membina Rumah Tangga Tidak Cukup Hanya Dengan Cinta

Sumber Foto: Tangkap Layar Kanal YouTube YADARA TV

Pernikahan adalah suatu hal yang sangat di idam-idamkan oleh setiap orang, ya tentunya bagi yang masih jomblo, dan yang sudah siap, hehe. 😁

Namun perlu diketahui bahwasanya pernikahan itu merupakan suatu perkara yang sangat berat, pernikahan adalah tanggung jawab yang besar, terutama bagi suami, jika suami sudah benar benar mampu dan siap untuk menikah maka pernikahannya mungkin akan harmonis, dan penuh dengan kebahagiaan.

Namun sebaliknya, jika suami belum siap, dan hanya mengandalkan hawa nafsu, bisa jadi pernikahannya menjadi mala petaka baginya, yang bisa membuatnya terjerumus kedalam jurang kehancuran dunia dan akhirat.

Karena menikah tidak hanya cukup dengan cinta, namun menikah itu harus siap mental, siap jiwa, dan siap menerima resiko apa yang akan terjadi setelah pernikahan terjadi. 

Salah seorang ulama Kharismatik Aceh Tgk H. Muhammad Yusuf atau yang akrab disapa Ayah Sop Jeunieb, pernah membahas hal yang berkaitan dengan Nikah, Ayah Sop menjelaskan:

"Dalam rumah tangga tidak cukup hanya dengan Cinta Mati (cinta yang berlebihan), apakah hanya dengan adanya cinta rumah pasti akan bagus, tentu tidak, karena cinta itu naik turun, kadang timbul kadang hilang, memang masih saat ada cinta rela untuk menderita dan berkorban, tapi bila nantinya lama kelamaan saat cintai itu hilang, maka yang terjadi adalah percerayan (perpisahan) , karena rumah tangga tersebut tidak berdasarkan akhlak.

Hidup ini penuh beban, dalam rumah tangga pun juga demikian, saat kesusahan datang, rumah tangga yang hanya bermodalkan cinta itu akan goyah, maka dari itu sangat diperlukan akhlak dalam rumah tangga, dengan adanya akhlak, kita akan sabar untuk menerima kekurangan pasangan kita.

Karena akhlak ini adalah modal dasar, dalam rumah tangga atau dalam bermasyarakat, jika tidak adanya akhlak, maka semua itu akan hancur

Sebagaimana ada suatu perkataan:
"Kekuatan sebuah bangsa adalah moralnya/akhlakya, kalau akhlaknya hancur, maka hancurlah bangsa itu"

Hari ini, rusaknya ekonomi kita bukan karena tidak bagusnya sumber daya alam, negeri kita subur, semuanya subur, tapi rusaknya rusaknya negara kita disebabkan karena gagalnya akhlak, karena pendidikan kita tidak mengutamakan karakter. 

Tak ada kebahagiaan tanpa adanya akhlak, orang yang buruk akhlak ini adalah diibaratkan seperti orang yang berpenyakit, sebagian dari buruk akhlak adalah buruk sangka kepada orang lain, karena disaat kita buruk sangka kepada orang lain otomatis hati kita tidak baik kepada seseorang itu, maka hakikat kebahagiaan itu terletak pada akhlak."

Itulah yang disampaikan oleh Ayah Sop Jeunieb mengenai cara membangun rumah tangga yang benar, atau untuk lebih lengkapnya bisa saudara lihat pada kanal YouTube YADARA TV

Post a Comment for "Ayah Sop Jeunieb: Membina Rumah Tangga Tidak Cukup Hanya Dengan Cinta"