menuj Hidup Bukan Tentang Siapa Yang Terbaik, Tetapi Siapa Yang Terus Berusaha Menjadi Baik - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hidup Bukan Tentang Siapa Yang Terbaik, Tetapi Siapa Yang Terus Berusaha Menjadi Baik

Pengelola Website Pena Teungku 

Oleh: Asy'ary Ibnu Ridhwan

"Hidup Bukan Tentang Siapa Yang Terbaik, Tetapi Siapa Yang Terus Berusaha Menjadi Baik"

Kata-kata ini memang singkat, namun mengandung makna yang sangat luas, kata-kata yang mengajarkan kita tentang hidup yang sebenarnya, mengajarkan kita tentang hidup untuk selalu rendah diri, dan selalu optimis dalam mengerjakan sesuatu.

Dalam hidup ini haruslah kita bersikap dengan sikap yang baik, Tasawuf mengajarkan kita untuk bersifat rendah diri, jangan menganggap kita yang paling baik dari orang lain, karena menganggap diri itu baik, hakikatnya adalah menjadikan dirinya tidak baik, sama juga seperti kita menganggap diri sudah pintar, maka hakikatnya adalah menjadikan diri dalam kebodohan.

Kita harus selalu berusaha untuk lebih baik, hari demi hari, kebaikan yang kita lakukan harus bertambah, pepatah mengatakan "Telur hari ini lebih baik dari Ayam esok hari" pepatah ini bermakna jalani hari ini dengan sebaik-baiknya, karena hari esok belum tentu kita bisa mengerjakan kebaikan, dalam artian jangan menunda-nunda untuk berbuat kebaikan, karena belum tentu esok kita bisa melakukannya.

Menjadi baik mungkin termasuk hal yang sangat sulit, butuh proses-proses yang begitu banyak untuk menjadi orang baik, bukan hanya baik dari luarnya saja, tetapi kita harus bisa mencapai baik luar dan dalam.

Mendapatkan baik hanya dari luar, terkadang terbilang mudah, yang sangat sulit adalah cara agar baik di dalam jiwa, sejarah telah membuktikan bagaimana para ulama terdahulu beribadah bertahiun-tahun untuk memperbaiki hati, tidak hanya itu ulama terdahulu juga melakukan ibadah ibadah khusus, seperti Suluk, atau Khalwath, itu semua adalah upaya agar dapat menjadi Baik dalam maupun luar 

Post a Comment for "Hidup Bukan Tentang Siapa Yang Terbaik, Tetapi Siapa Yang Terus Berusaha Menjadi Baik"