menuj Dayah RAUMAH Panteraja Kembali Mengadakan Zikir Maulid Arba'in pada Tahun 1443 H. - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dayah RAUMAH Panteraja Kembali Mengadakan Zikir Maulid Arba'in pada Tahun 1443 H.


PENATEUNGKU.COM
 | Sudah menjadi tradisi di dayah Raudhatul Mukarramah, Al-Aziziah, Panteraja, Pidie Jaya, bahwa setiap datangnya bulan kelahiran Baginda Nabi Besar Muhammad Saw, selalu diadakan pembacaan Zikir Maulid, baik itu Maulid Ad-diba'i, atau Maulid Dhiyaul Lami' karangan Al Habib Umar bin Hafidh, selama 40 hari, yang sering disebut dengan Maulid Arba'in.

Pembacaan Maulid Arba'in ini merupakan atas arahan langsung dari pimpinan dayah, yaitu Tgk H. Sulaiman Hasan, atau yang akrab disapa Walidy Panteraja, Walidy mengatakan bahwa acara pembacaan Maulid yang diselenggarakan di dayah beliau tersebut adalah atas wasiat dari guru-guru beliau selama masih belajar di Yaman dulu.

"Alhamdulillah ini sudah yang kelima kalinya kita mengadakan Maulid Arba'in saat datangnya bulan Maulid, dengan harapan semoga dengan membaca Maulid tersebut kita mendapatkan Syafa'at dari Nabi, nanti diakhirat kelak" Kata Tgk Asy'ary, selaku dewan guru di dayah tersebut

Mengenai angka 40 hari pembacaan Maulid, ada beberapa alasan mengenai hal ini, sebagaimana yang disampaikan langsung oleh Walidy, Bahwa pada angka 40 ini terdapat kelebihan tersendiri, yaitu merupakan angka karamah, sebagaimana dalam Jama'ah, jika dalam satu jama'ah terdapat 40 orang maka kata para ulama diantara 40 tersebut ada salah satu dari 40 itu yang mustajabah do'a, dan dilakukan pembacaan Maulid selama 40 hari juga sebagai media dakwah kepada para Santri dan Masyarakat yang ikut serta dalam jama'ah Maulid, supaya terbiasa untuk membaca zikir Maulid. 

Pebacaan Maulid Arba'in yang dibaca di dayah ini bersifat Umum, dalam artian dibolehkan bagi para masyarakat untuk mengikuti Maulid bila ada waktu luang.
Juga Walidy menghibau kepada para Masyarakat dimanapun berada, agar bisa membacanya di tempat masing, mulai dari hari ini tanggal 08 Oktober, 2021 M, bertepatan tanggal 01 Rabi'ul Awal hingga 40 hari kedepan, khususnya masyarakat Panteraja, dan bila tidak ada kegiatan apapun bisa langsung datang ketempat pembacaan Maulid, yaitu stelah 'Ashar

Hanya ini laporan dari kami Tim Website Pena Teungku.
Salam Redaksi

Post a Comment for "Dayah RAUMAH Panteraja Kembali Mengadakan Zikir Maulid Arba'in pada Tahun 1443 H."