menuj Tanda-Tanda Taubat Sudah Diterima Oleh Allah | Walidy Panteraja - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanda-Tanda Taubat Sudah Diterima Oleh Allah | Walidy Panteraja


Pada suatu momen pengajian Jum'atan bersama Tgk H. Sulaiman Hasan atau yang kerap di sapa dengan sebuta "Walidy", bertempat di Dayah Raudhatul Mukarramah Al Aziziah, Panteraja.

Ada satu pertanyaan yang di tanyakan oleh santri mengenai Taubat. 

"Bagaimanakah kita mengetahui bahwa Taubat kita sudah di terima oleh Allah?".. Isi pertanyaan yang di bacakan oleh pembawa acara pengajian.

Selanjutnya Walidy menjawab:

"Sahnya ibadat itu dhahir, maqbulnya (diterima) ibadat itu khafi (tersembunyi), susah untuk di ketahui, kemudian taubat itu amrun dhahir, dan maghfirah (ampunan) itu amrun khafi, itu rahasia Allah subhana wata'ala. 

Namun secara umum, cara untuk mengetahui dosa kita sudah diampuni oleh Allah, adalah di saat kita sudah gemar kepada taubat, dan kita semakin takut kepada neraka, setiap hari semakin bertambah taubat, dan semakin takut akan neraka.

Kondisi kita semakin takut kepada Neraka adalah jalan untuk diterimanya taubat kita oleh Allah, kemudian kita semakin gemar untuk tha'at, dan semakin takun akan maksiat, itu adalah salah satu tanda bahwa kesalahan dulu sudah di ampuni oleh Allah.

Karena dosa itu bagaikan virus bagi ibadah, dengan sebab dosa akan menghambat ibadah, selama masih ada dosa, maka itu akan selalu jadi penghambat ibadah, contohnya seperti, saat kita ingin berjalan, namun kaki kita terikat, maka kita tidak akan bisa berjalan, kaki yang terikat itu adalah ibarat dosa, dan berjalan itu adalah ibarat tha'at, maka selama masih ada dosa, maka sangat susah untuk kita mengerjakan tha'at.

Itulah yang Walidy sampaikan atas pertanyaan tersebut, semoga bermanfaat.!! 

Post a Comment for "Tanda-Tanda Taubat Sudah Diterima Oleh Allah | Walidy Panteraja"