menuj Sedang Membawa Al Quran Tiba Tiba di Tengah Jalan Batal Wudhu, Ambil Wudhu Dulu Atau Lanjutkan Perjalanan? - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sedang Membawa Al Quran Tiba Tiba di Tengah Jalan Batal Wudhu, Ambil Wudhu Dulu Atau Lanjutkan Perjalanan?


Assalamualaikum..

Saat saya sedang pergi ke tempat pengajian dengan membawa Al Qur'an, waktu itu saya dalam keadaan berwudhu, tiba tiba di tengah jalan, wudhu saya batal, karena keluar angin. Apakah boleh saya membawa Al Qur'an terus ke tempat tujuan atau ataukah saya wajib mengambil wudhu kembali? Mohon jawabannya..

Wa'aalaikumussalam. 

Jika di tempat anda saat batal wudhu, ada tempat yang layak untuk meletakkan Al Qur'an, serta ada air untuk berwudhu', maka wajiblah anda mengambil wudhu', dan terus melakukan perjalanan dalam keadaan suci. 

Akan tetapi, bila di tempat anda tidak ada tempat untuk meletakkan Al Qur'an, dan juga tidak ada air untuk berwudhu', serta tidak memungkinkan untuk bertayamum, maka dibolehkan untuk membawa Al Qur'an dalam perjalanan, meskipun tidak dalam keadaan suci, karena dharurah. 

Tersebut dalam kitab, Hasyiatul 'Allamatisyaikhi Abdil Karim Almathari, halaman 46,sebagai berikut:

قوله وحمله اى فيحرم الا ان خاف عليه غرقا او غرقا او كافرا او تنجسا او ضياعا وقد عجز عن الطهارة ولو بالتيمم وعن ايداعه مسلما ثقة فلا يحرم حمله ومسه بل يجب ولو حال تغوطه الا ان خاف عليه ضياعا فلا يجوز ولا يجب

"(Perkataan mushannif wa hamluhu) artinya haram membawa Al Qur'an, kecuali jika khawatir Al Qur'annya akan hanyut, terbakar, ganguan orang kafir, terkena najis, atau hilang, sedangkan ia lemah untuk bersuci, walaupun dengan tayamum, dan lemah pula untuk menitipkan Al Qur'an itu kepada orang islam yang dapat di percaya, maka tidaklah haram membawa dan menyentuhnya, bahkan wajib, sekalipun dalam keadaan telah buang air besar, kecuali jika ia khawatir hilang, maka tidak wajib, namun hukumnya hanya boleh"

(Kitab Taudhihul Adillah, halaman 82, Karangan K.H Muhammad Syafi'i Hadzami-Ulama dari Jakarta). 

(Redaksi) 

Post a Comment for "Sedang Membawa Al Quran Tiba Tiba di Tengah Jalan Batal Wudhu, Ambil Wudhu Dulu Atau Lanjutkan Perjalanan? "