menuj Dalil Mengangkat Tangan Ketika Berdo'a - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dalil Mengangkat Tangan Ketika Berdo'a


Do'a adalah senjatanya orang mukmin, sebagaimana yang tertera dalam suatu hadist:

الدُّعَاءُ سِلَاحُ المُئْمِنِيْنَ

"Do'a adalah senjatanya orang mu'min" (H.R Abu Ya'la) 

Di dalam berdo'a kita memperlihatkan sikap rendah diri kita kepada Allah, dan di anjurankan bagi kita untuk mengangkat tangan saat berdo'a.

Namun tentang mengangkat tangan di saat berdo'a, ada sekelompok orang yang mengatakan hal tersebut tidak ada sumbernya. 

Pendapat mereka itu sungguh keliru, karena mengangkat tangan saat berdoa tentu sangat di anjurankan, dan jelas ada dalilnya dari perbuatan nabi.

Dalam hadist di sebutkan:

عمر ابن الخطاب قال لما كان يوم بدر نظر رسول الله الى المشركين وهم الف واصحابه ثلاث مائة وتسعة عشر رجلا فاستقبل نبي الله صلى الله عليه وسلم القبلة ثم مد يديه فجعل يهتف بربه اللهم أنجز لى ما وعدتنى اللهم ما آت ما وعدتنى اللهم ان تهلك هذه العصابة من اهل الاسلام لا تعبد فى الارض فما زال يهتف بربه مادً يديه مستقبلَ القبلة حتى سقط ردائه عن منكبيه فأتاه ابو بكر فأخذ ردائه فألقاه على منكبيه ثم التزمه من ورائه وقال يا نبيَّ الله كفاك منشادتك ربَّك فإنه سينجز لك ما وعدك فأنزل عزَّ وجلَّ اذ تستغيثون ربكم فاستجاب لكم انى ممدكم بالف من الملائكة مردفين

Umar bin Khathab berkata "Ketika perang Badar, Rasulullah Saw melihat kepada orang-orang musyrik jumlah mereka seribu orang, sedangkan sahabat berjumlah tiga ratus sembilan belas orang.

Rasulullah Saw menghadap kiblat, kemudian mengadahkan kedua tangannya, ia berbisik menyeru tuhannya, "Ya Allah, tunaikanlah janji-Mu kepadaku. Ya Allah datangkanlah yang engkau janjikan kepadaku. Ya Allah, jika golongan dari kaum muslimin ini binasa, Engkau tidak lagi di sembah di bumi.

Rasulullah terus berbisik kepada Tuhannya dengan mengadahkan kedua tangan meghadap kiblat, hingga selendangnya terjatuh dari kedua bahunya. Lalu Abu Bakar datang mengambil selendang itu dan meletakkannya kembali ke bahu Rasulullah Saw dan terus mengikuti Rasulullah Saw di belakang. 

Abu Bakar berkata "Wahai nabi utusan Allah, cukuplah permohonanmu kepada Tuhanmu, sesungguhnya ia akan menunaikan janji-Nya kepadamu". Maka Allah menurunkan ayat : "(Ingatlah) ketika kamu memohon pertolongan kepada tuhanmu, lalu di perkenankan-Nya bagimu: "Sesungguhnya aku akan mendatangkan bala bantuan kepada kamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut. (Q.S Al Anfal (8) 9) (Hadist riwayat Muslim) 

Post a Comment for "Dalil Mengangkat Tangan Ketika Berdo'a "