menuj 4 Tpis Agar Shalat Menjadi Khusyu' - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Tpis Agar Shalat Menjadi Khusyu'


Shalat merupakan suatu ibadah yang utama dalam kehidupan kita, tanpa adanya shalat ibadah yang lainya menjadi tidak berarti, karena shalat itu adalah tiangnya agama.

Dan juga dalam shalat ini kita di anjurkan untuk Khusyu', dengan adanya Khusyu' shalat yang kita lakukan akan diterima oleh Allah, bahkan sebagian ulama berpendapat bahwa Khusyu' itu adalah syarat sahnya shalat. 

Maka dari itu penulis akan menerangkan beberapa cara agar shalat yang kita lakukan menjadi khusyu'. 

Penulis hanya membuat kesimpulan dari ibarat kitab I'aanatut Thalibin juz 1, mulai halaman 181 s/d 183.

Inilah 4 tips agar shalat menjadi Khusyu' :

1. Mengosongkan hati dari segala urusan dunia.

Tips yang pertama adalah mengosongkan hati dari segala urusan dunia, janganlah berfikir akan hal dunia dalam shalat, jangan teringat akan harta, tahta, wanita, dan hal hal lain yang bersifat duniawi. Fokuskalah fikiran hanya kepada Allah

2. Tadabbur (membayangkan) ma'na dari bacaan.

Tips yang kedua adalah dengan cara membayangkan semua bacaan kita dalam shalat, baik itu bacaan yang wajib seperti Fatihah, dan bacaan dalam Tasyahud yang akhir, atau bacaan yang sunnah seperti do'a Iftitah atau tasbih pada ruku' dan sujud.

3. Melihat kepada tempat sujud. 

Tips yang ketiga adalah melihat kepada tempat sujud kita, jangan melihat kearah lain, bisa jadi di arah lain, terdapat tulisan tulisan, yang membuat kita tidak bisa fokus dalam shalat, melihat ke tempat sujud ini juga di anjurkan bagi orang buta, dan orang yang shalat dalam kegelapan.

4. Membayangkan seolah-seolah Allah melihat shalat kita. 

Tips yang terakhir adalah dalam shalat harus kita hadirkan dalam diri kita, seolah-seolah Tuhan melihat akan shalat yang kita lakukan, kita membayangkan Allah mengetahui apa yang ada dalam hati kita, dan apa yang sedang kita baca, maka dari itu, shalat yang kita lakukan akan lebih Khusyu'.

Itulah 4 tips supaya shalat menjadi lebih khusyu', hasil dari rangkuman kitab I'aanatut Thalibin.

Post a Comment for "4 Tpis Agar Shalat Menjadi Khusyu'"