menuj Mengapa Surga ada 8 sedangkan Neraka ada 7 ? - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Surga ada 8 sedangkan Neraka ada 7 ?


Deskripsi :

Surga adalah tempat bagi orang orang yang Tha'at kepada Allah, sebaliknya Neraka adalah tempat bagi orang orang yang berbuat maksiat kepada Allah, dan ada satu Riwayat bahwa jumlah orang yang akan masuk ke dalam Neraka itu lebih banyak dari orang yang akan masuk ke Surga, tetapi sudah kita ketahui bersama bahwa Surga itu lebih banyak dari Neraka, yaitu Surga ada 8 sedangkan Neraka ada 7.

Pertanyaan : Kenapa Surga lebih banyak dari Neraka, padahal ada satu Riwayat menyatakan bahwa lebih banyak orang yang masuk ke Neraka daripada Surga ?

Jawab :

Ibnu Juraij berkata: " Neraka itu ada 7 tingkat, yaitu Neraka Jahannam, Ladha, Hathmah, Sa'ir, Saqar, Jahim, dan Neraka Hawiyah. Dan sebab Neraka itu ada 7 adalah golongan yang akan masuk ke dalam Neraka juga ada 7, dan alasan kedua yaitu angka 7  itu sesuai dengan anggota badan manusia yang 7, yaitu Mata, Telinga, Lidah, Perut, Kemaluan, Tangan, dan Kaki, karena 7 anggota tersebut merupakan sumber perbuatan buruk, maka jadilah Neraka ada 7 tingkat.

Manakala semua anggota itu bisa menjadi bagus dengan ada nya Niat yang bagus, dan juga Niat itu merupakan amalan amalan hati, maka dari tujuh tadi menjadi 8, dan dari itu pula alasan adanya Surga 8 tingkatan.

(Maraqil Ubudiyah, Halaman 62)


Post a Comment for "Mengapa Surga ada 8 sedangkan Neraka ada 7 ?"