menuj Kisah Abu Hanifah dan Seorang Lelaki Kaya - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Abu Hanifah dan Seorang Lelaki Kaya



Seorang lelaki datang mengadu kepada Abu Hanifah, aku orang yang cukup kaya, dan memiliki seorang putra yang amad aku sayangi. yah, hanya dia satu-satunya orang ku miliki dan ku sayangi. Tapi, setiap kali aku menikahkanya dengan seorang  wanita, ia pasti menceraikannya. setiap kali aku membelikan budak w anita kepadanya, ia pasti membebaskan.' 

"Mampirlah dahulu ke rumahku, akan kuberitau jalan keluarnya," ujar abu hanifah. Beliau pun menghidangkan makanan dan minuman ala kadarnya. 

Beberapa saat kemudian, abu hanifah berkata,''Coba engkau dengan putramu pergi ke sebuah pasar, lalu belilah seorang budak wanita yang disukai oleh putramu dan mampu engkau beli. Beli budak itu untuk dirimu, bukan untuk putramu. Setelah itu, nikahkan dia dengan anakmu. Kalau putramu menceraikannya, budak itu otomatis kembali kepadamu. kalau putramu ingin memerdekakannya, tidak akan bisa, karena statusnya masih budakmu. Tapi kalau ia melahirkan anak, nasabnya tetap bisa dilekatkan kepadamu."

Lelaki itu terperangah mendengar saran menakjupkan tersebut. si lelaki menanyakan kembali soal itu berikut itu jawab Abu Hanifah kepada ibnu abi Layla, dan beliau membenarkan pendapat tersesbut."

Post a Comment for "Kisah Abu Hanifah dan Seorang Lelaki Kaya"