menuj Terjemahan Matan Ghayah wa Taqrib | Kitab Sumpah Dan Nadzar, Part 78 - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terjemahan Matan Ghayah wa Taqrib | Kitab Sumpah Dan Nadzar, Part 78

 


كِتَابُ الأَيْمَانِ وَالنُّذُورِ

Kitab Sumpah Dan Nadzar

لَا يَنْعَقِدُ اليَمِينُ إِلَّا بِاللهِ تَعَالَى أَوْ بِاسْمٍ مِنْ أَسْمَائِهِ أَوْ صِفَةٍ مِنْ صِفَاتِ ذَاتِهِ

Sumpah tidak sah kecuali dengan nama Allah atau salah satu nama nama Alloh atau salah satu dari sifat sifat dzat Allah

وَمَنْ حَلَفَ بِصَدَقَةِ مَالِهِ فَهُوَ مُخَيَّرٌ بَيْنَ الصَّدَقَةِ وَكَفَّارَةِ اليَمِينِ

Barang siapa sumpah akan menyedekahkan hartanya maka dia dapat memilih antara sedekah dan kafarat sumpah

وَلَا شَيْءَ فِي لَغْوِ اليَمِينِ

Dan tidak ada (kewajiban) apapun dalam sendau gurau sumpah.

وَمَنْ حَلَفَ أَنْ لَا يَفْعَلَ شَيْئًا فَأَمَرَ غَيْرَهُ بِفِعْلِهِ لَمْ يَحْنَث

Barang siapa bersumpah tidak akan melakukan sesuatu, lalu menyruruh orang lain melakulan sesuatu tersebut, maka dia tidak (dihukumi) melanggar sumpah.

وَمَنْ َحَلَفَ عَلَى فِعْلِ أَمْرَيْنِ فَفَعَلَ أَحَدَهُمَا لَمْ يَحْنث

  Barang siapa bersumpah akan melakukan dua pekerjaan, lalu dia melakukan salah satu pekerjaan tersebut maka dia tidak (dihukumi) melanggar sumpah

وَكَفَّارَةُ اليَمِينِ هُوَ مُخَيَّرٌ فِيهَا بَيْنَ ثَلاَثَةِ أَشْيَاءَ عِتْقُ رَقَبَةٍ مُؤمِنَةٍ أَوْ إطْعَامُ عَشَرَةِ مَسَاكِينَ كُلُّ مِسْكِينٍ مُدٌّ أَوْ كِسْوَتُهُم ثَوْبًا ثَوْبًا فَإن لَمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ

Kafarat sumpah adalah seseorang dapat memilih antara tiga perkara: (1) merdekakan budak yg beriman (2) Memberi makan 10 orang miskin, setiap satu miskin satu mud, atau memberi pakaian mereka (3) Bila tidak menemukan maka puasa tiga hari

فَصْلٌ: وَالنَّذَرُ يَلْزَمُ فِي المُجَازَاةِ عَلَى مُبَاحٍ وَطَاعَةٍ كَقَوْلِهِ إنْ شَفَى اللهُ مَرِيضِي فَلله عَلَيَّ أَنْ أَصُوم أَوْ أَتَصَدَّقُ وَيَلْزَمُهُ مِنْ ذَلِكَ مَا يَقَعُ عَلَيْهِ الاسْم

Nadzar itu wajib (dilaksanakan) di suatu balasan atas perkara boleh dan taat kepada Alloh. Seperti ucapan seseorang: “ bila Alloh menyembuhkan penyakit saya maka  Saya akan solat atau puasa atau sedekah” maka semuanya wajib atsnya bila terjadi atasnya nama yang diucapkan.

وَلَا نَذَرَ فِي مَعْصِيَةٍ كَقَوْلِهِ إِنْ قَتَلْتُ فُلَانَا فَلِلَّهِ عَلَيَّ كَذَا

 Dan tidak boleh nadzar dalam maksiat seperti ucapan seseorang: jika aku  membunuh fulan maka saya harus begini kerena allah

وَلاَ يَلْزَمَهُ عَلَى تَرْكِ مُبَاحٍ كَقَوْلِهِ لَا آكُلُ لَحْمًا وَلاَ أَشْرَبُ لَبَنًا وَمَا أَشْبَهَ ذَلِكَ.

Nadzar tidak wajib (dilaksanakan) karena meninggalkan perkara mubah, seperti ucapannya: “ saya tidak akan makan daging dan saya tidak akan minum susu” dan yang senada dengannya.

Baca sebelumnya: Part 77

Baca lanjutannya: Part 79

Post a Comment for "Terjemahan Matan Ghayah wa Taqrib | Kitab Sumpah Dan Nadzar, Part 78"