menuj Terjemahan Matan Ghayah wa Taqrib | Fasal Pengakuan - Fasal Barang Rampasan | Kitab Jual Beli, Part 45 - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terjemahan Matan Ghayah wa Taqrib | Fasal Pengakuan - Fasal Barang Rampasan | Kitab Jual Beli, Part 45


 فَصْلٌ: وَالمُقرُّ بِهِ ضَرْبَانِ حَقُّ اللهِ تَعَالَى وَحَقٌّ لِآدَمِيٍّ فَحَقُّ اللهِ تَعَالَى يَصِحُّ الرُّجُوعُ فِيهِ عَنِ الإقْرَارِ بِهِ وَحَقُّ الآدَمِيِّ لاَ يَصِحُّ الرُّجُوعُ فِيهِ عَنِ الإقْرَارِ بِهِ، وَتَفْتَقِرُ صِحَّةُ الإقْرَارِ إِلَى ثَلاَثَةِ شَرَائِطَ: البُلُوغُ وَالعَقْلُ وَالاخْتِيَارُ وَإنْ كَانَ بِمَالٍ اعْتُبِرَ فِيهِ شَرْطٌ رَابِعٌ وَهُوُ الرُّشْدُ. وَإذَا أَقَرَّ بِمَجْهُولٍ رَجَعَ إِلَيْهِ فِي بَيَانِهِ وَيَصِحُّ الاسْتِثْنَاءِ فِي الإقْرَارِ إِذَا وَصَلَهُ بِهِ وَهُوَ فِي حَالِ الصِّحَّةِ وَالمَرَضِ سَوَاءٌ

(Fasal) Pengakuan ada dua macam:

1. Pengakuan hak Allah ta'ala.

2. Pengakuan hak manusia.

Pengakuan hak Allah ta'ala, boleh untuk menarik kembali terhadap yang telah diakui, sedangkan pengakuan hak manusia tidak boleh lagi untuk menarik kembali terhadap apa yang telah diakui.

Pengakuan memerlukan tiga syarat:

1. Baligh.

2. Berakal.

3. Kepilihan.

Maka jika pengakuan persoalan harta maka dibutuhkan pihak ketiga, yaitu terpelihara. dan jika seseorang mengakui terhadap sesuatu yang majhul (tidak diketahui), maka ia boleh kembali untuk menyatakannya.

Kemudan sah melakukan pengucualian dalam masalah pengakuan dengan syarat harus langsung disebut (tidak boleh diselang oleh waktu), dan pengakuan pada saat sehat dan sakit itu sama.

فَصْلُ: وَكُلُّ مَا يُمْكِنُ الانْتِفَاعُ بِهِ مَعَ بَقَاءِ عَيْنِهِ جَازَتْ إِعَارَتُهُ إِذَا كَانَتْ مَنَافِعُهُ آثَاراً وَتَجُوزُ العَارِيَةُ مُطْلَقَةً وَمُقَيَّدَةً بِمُدَّةٍ وَهِيَ مَضْمُونَةٌ عَلَى المُسْتَعِيرِ بِقِيمَتِهَا يَوْمَ تَلَفِهَا

(Fasal) Setiap sesuatu yang boleh untuk mengambil manfaat serta kekal ain nya, maka boleh meminjamkannya, dengan syarat manfaatnya berbekas, dan boleh meminjam secara mutlaq dan muaqayyat (ada kaitan). Pinjaman menjadi tanggungan peminjam disaat ada kerusakan.

فَصْلٌ: وَمَنْ غَصَبَ مَالاً لِأَحَدٍ لَزِمَهُ رَدُّهُ وَأَرْشُ نَقْصِهِ وَأُجْرَةُ مِثْلِهِ فَإِنْ تَلِفَ ضَمِنَهُ بِمِثْلِهِ إنْ كَانَ لَهُ مِثْلٌ وَبِقِيمَتِهِ إنْ لَمْ يَكُن لَهُ مِثْلٌ أَكْثَرَ مَا كَانَتْ مِنْ يَوْمِ الغَصْبِ إِلَى يَوْمِ التَّلَفِ

(Fasal) Barang siapa yang telah merampas harta milik bagi orang lain, maka wajib baginya untuk mengembalikan barang tersebut, dan mengira kekurangannya, maka jika hilang barang yang telah ia rampas, wajib baginya untuk membayar dengan barang yang sama, jika ada barang yang sama tersebut, dan wajib membayar harga jika tidak ada barang yang sama, dengan harga yang paling banyak dari mulai hari perampasan hingga hari hilangnya barang.

Baca sebelumnya: Part 44

Baca lanjutannya: Part 46

Post a Comment for "Terjemahan Matan Ghayah wa Taqrib | Fasal Pengakuan - Fasal Barang Rampasan | Kitab Jual Beli, Part 45"