menuj Terjemahan Kitab Khulashah Nurul Yaqin Juz 1 | 16. Dakwah Secara Terang-Terangan | Periode 2 (Part 18) - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terjemahan Kitab Khulashah Nurul Yaqin Juz 1 | 16. Dakwah Secara Terang-Terangan | Periode 2 (Part 18)


 ١٦ الدعوة جهرا

 ١ استمرت الدعوة السرية ثلاث سنوات اجاب فى اثنائها كثير من الاشراف والموالى

٢ بعد ذلك امر صلى الله عليه وسلم بالجهر بقوله تعالى فَاصْدَعْ بِمَا تُؤْمَرُ وَأَعْرِضْ عَنِ المُشْرِكِيْنَ

٣ فصعد على الصفا ونادى قومه فلما اجتمعوا قال لهم هل تصقونى فيما اخبركم به فقال جميعهم نعم ما جربنا عليك كذبا منذ نشأتك الى الآن فقال صلى الله غليه وسلم انقذوا انفسكم من النار انى نذير لكم من عذاب شديد

٤ فقال له عمه ابو لهب تبا لك يا محد ألهذا جمعتنا فأنزل الله فى حقه سورة اللهب تبت يدآ أبى لهب وتب الخ

(15. Dakwah Secara Terang-Terangan)

1. Dakwah secarar sembunyi-sembunyi berlangsung selama 3 tahun, yang diterima pada pertengahannya oleh kebanyakan oranng-orang mulia dan orang-orang tinggi (tokoh).

2. Sesudah itu Nabi Muhammad diperintahkan untuk berdakwah secara terang-terangan melalu firman Allah subhana wata'ala "Maka sampaikanlah secara terang-terangan dengan apa yang diperintahkan, dan berpalinglah dari kaum musyrikin"

3. Maka Nabi naik ke atas bukit Shafa, kemudian memanggil kaumnya, sesudah mereka semua berkumpul saat itu Nabi berkata kepada mereka "Adakah kalian mempercayaiku atas atas apa yang telah aku beritahu kepada kalian?" mereka menjawab "Ya. tidak kami temukan kedustaan pada dirimu semenjak kamu ada hingga sekarang" kemudian Nabi berkata lagi "Jaga dirimu dari api neraka, sesungguh aku adalah khabar takut kepada kalian dari pedihnya azab"

4. Saat itu pamannya Nabi yaitu Abu Lahab berkata "Celakalah engkau wahai Muhammad, adakah untuk ini engkau kumpulkan kami" Maka Allah menurunkan surah Al Lahab khusus untuk Abu Lahab yang berbunyi "Celakallah kedua tangan Abu Lahab, dan binasa ia" hingga seterusnya.

اسئلة 

كم سنة استمرت الدعوة السرية؟ متى جحر بالدعوة؟ كيف جهر بيها؟ ماذا قال له عمه ابو لهب؟

(Pertanyaan)

1. Berapa tahun Nabi berdakwah secara diam-diam?

2. Kapan Nabi berdakwah secara terang-terangan?

3. Bagaimana Nabi melakuan dakwah secara terang-terangan?

4. Apa yang dikatakan oleh pamannya yaitu Abu Lahab kepada Nabi?

الخلاصة

بعد ثلاثين سنوات امر بالجهر فجمع قومه وانذرهم عذاب الاخرة

(Ringkasan)

Sesudaha 3 tahun berdakwah secara diam-diam Nabi diperintahkan untuk berdakwah secara terang-terangan, maka Nabi mengumpulkan kaumnya, dan memberi khabar takut kepada mereka.

Baca Sebelumnya : Part 17

Baca Lanjutannya : Part 19

Post a Comment for "Terjemahan Kitab Khulashah Nurul Yaqin Juz 1 | 16. Dakwah Secara Terang-Terangan | Periode 2 (Part 18)"