menuj Terjemahan Kitab Khulashah Nurul Yaqin Juz 1 | 17. Pergaulan Nabi Bagi Kerabatnya | Periode 2 (Part 19) - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terjemahan Kitab Khulashah Nurul Yaqin Juz 1 | 17. Pergaulan Nabi Bagi Kerabatnya | Periode 2 (Part 19)


١٧ جمعه لعشيرته 

١ جمع النبى اهله وأقاربه لما نزل عليه قوله تعلى وَاَنْزِرْ عَشِيْرَتَكَ الاَقْرَبِيْنَ

٢ فبلّغهم رسالة ربه وانذرهم عذاب يوم عظيم يَوْمَ لَا يَنْفَعُ مَالٌ وَلَا بَنُوْنَ

٣ فتكلم القوم كلاما لينا الا عمه ابو لهب الذى كان عدوه الاشد

٤ فانه رد ردا قبيحا وطلب منهم القبض عليه فقال له ابو طالب والله لنعمننّه ما بقينا

(17. Pergaulan Nabi Bagi Kerabatnya)

1. Nabi bergaul dengan keluarga dan kerabatnya manakala turun ayat "Dan berilah peringatan kepada kerabat-kerabatmu yang dekat".

2. Maka Nabi menyampaikan kepada mereka (keluarga) berupa risalah tuhannya, dan memberi khabar takut tentang azab pada hari besar "Pada hari yang tidak bermanfaat harta dan anak"

3. Nabi berbicara kepada kaumnya dengan perkataan yang lembut kecuali Abu Lahab, yang merupakan musuh Nabi yang paling berat. 

4. Abu Lahab menolak ajaran Nabi dengan penolakan yang tidak baik, serta menuntut para keluarga untuk menangkap Nabi Muhammad, lantas Abu Thalib berkata kepada Abu Lahab, "Demi Allah selama kami masih hidup, akan kami tegah Abu Lahab"

أسئلة

متى جمع النبى أهله؟ ماذا قال لهم؟ بماذا اجابوا؟ ماذا ردّ عليه ابو لهب؟

(Beberapa Pertanyaan)

1. Kapan Nabi bergaul dengan keluarganya?

2. Apa yang dikatakan Nabi bagi mereka?

3. Dengan apa mereka menjawab?

4. Mengapa Abu Lahab menolak Nabi?

الخلاصة

لما نزل عليه قوله تعلى وَاَنْزِرْ عَشِيْرَتَكَ الاَقْرَبِيْنَ جمع اهله واقاربه وبلغهم رسالة ربه فرد عليه عمه ابو اهب ردا قبيحا

(Ringkasan)

Manakala turun ayat "Dan berilah peringatan kepada kerabat-kerabatmu yang dekat" kepada Nabi, maka saat itu Nabi mulai bergaul dengan keluarga dan kerabatnya, dan menyampaikan risalah tuhannya, maka pamannya Nabi yaitu Abu Lahab menolak ajaran Nabi dengan penolakan yang tidak baik.

Baca Sebelumnya : Part 18

Baca Lanjutannua : Part 20

Post a Comment for "Terjemahan Kitab Khulashah Nurul Yaqin Juz 1 | 17. Pergaulan Nabi Bagi Kerabatnya | Periode 2 (Part 19)"