menuj Terjemahan Kitab Matan Zubad, Nadham 44-45 - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terjemahan Kitab Matan Zubad, Nadham 44-45


Nadham 44-45

لَهُ عِقَابُ مَنْ اَطَاعَهُ كَمَا - يُثِيْبُ مَنْ عَصَى وَيُوْلِى نِعَمَا

كَذَا لَهُ اَنْ يُؤْلِمَ الاَطْفَالَا - وَوَصْفُهُ بِالظَّالِمِ اسْتِحَالَا

Terjemah Versi Aceh :

1. Tsabit bagi-Nya Allah itu mengazab siman yang ta'at ianya man akan-Nya Allah sebagaimana - memberi pahala ia-Nya Allah akan siman yang bermaksiat ianya man dan memberi ia-Nya Allah akan nikmat-nikmat. 

2. Sedemikian bagi-Nya Allah bahwa menyakiti ia-Nya Allah akan anak kecil - dan bermula wasaf-Nya Allah dengan yang Dhalim itu musthail ia wasaf.

Terjemah Umum :

1. Allah ta'ala bisa mengazab orang yang taat, juga Allah bisa memberi pahala orang yang maksiat, dan mrmberinya nikmat.

2. Juga Allah bisa menyakiti anak kecil dan mustahil kita katakan Allah itu Dhalim.

Penjelasan :

- Allah subhana wata'ala Maha Melakukan segalanya, salah satunya adalah bisa mengazab orang orang yang melakukan ta'at dan juga Allah ta'ala bisa memberikan pahala kepada orang-orang yang melakukan maksiat serta memberikan nikmat kepada mereka pelaku maksiat. Itu semua adalah hak Allah. 

- Allah ta'ala juga bisa untuk menyakiti anak-anak seperti contohnya memberi sakit kepada mereka, dan disaat Allah melakukan semua hal itu yaitu mengazab orang yang ta'ala, memberi pahala pelaku maksiat dan memberi sakit kepada anak, kita tidak boleh mengatakan bahwa Allah itu dhalim, karena Allah maha segalanya, setiap yang Allah kerjakan itu ada hikmahnya tersendiri.

Baca lanjutannya : Nadham 46-48 

Post a Comment for "Terjemahan Kitab Matan Zubad, Nadham 44-45 "