menuj Orang Lain Bernazar Untuk Kita, Apakah Wajib Kita Tunaikan Nazar Tersebut | Abati Sheraya Menjawab - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Orang Lain Bernazar Untuk Kita, Apakah Wajib Kita Tunaikan Nazar Tersebut | Abati Sheraya Menjawab


Pertanyaan :

Assalamu alaikum Abaty 🙏🙏

Mohon pencerahan Abaty.

Meunyo yoh saboh watee meu ikot seleksi pns, 

Na röh geu ucap hajat lee nek lon, teukeudi lulus tes pns gata hai cuco, ta peulheuh hajat khanduri saboh kameeng.

Hajat nyan kiban abaty, pue harus ta peuglah ngon khanduri kameeng, atau jeut ta ganto ngon sedeukah u mesjid atau utk pembangunan dayah atau sedekah keu aneuk yatim sejumlah yum saboh kameeng bunoe.

Mengingat kondisi kamo di daerah gob, yg agak na kendala meunyo ta peugot khanduri sie kameeng.

Teurimong gaseh ateuh respon Abaty 🙏🙏🙏

Heri 

Terjemah Bhs Indonesia :

Assalamu'alaikum Abati.. 

Mohon pencerahannya Abati, 

Suatu ketika sy mengikuti tes seleksi pns, pada saat itu nenek saya mengucapkan, jika lulus pns, kamu cucu, nazarkanlah kenduri satu kambing

Hajat tsb, bgmn Abati, Apakah haru sya tunai dengan satu kambing, atau bisa digantikan dengan sedekah ke mesjid dan pembangunan dayah atau kepada anak yatim dengan nominal satu kambing tadi. 

Mengingat kami didaerah orang lain, dimana situasi sangat sulit untuk membuat kenduri kambing tsb. Terima kasih atas tanggapannya Abati.. 

==========

Jawaban :

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته 

Tidak ada kewajiban menunaikan hajat orang lain walau dari keluarga dekat seperti orang tua, kecuali ketika itu diiyakan oleh si cucu.

Namun jika ingin juga menunaikan dengan niat sedekah, maka apa salahnya dan boleh dipilih sedekah dalam bentuk apapun yang diinginkan. 

والله أعلم بالصواب

Post a Comment for "Orang Lain Bernazar Untuk Kita, Apakah Wajib Kita Tunaikan Nazar Tersebut | Abati Sheraya Menjawab "