menuj Mengirim Pahala Bacaan Al Qur'an Kepada Mayit Apakah Sampai? Ini Kata Walidy Panteraja - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengirim Pahala Bacaan Al Qur'an Kepada Mayit Apakah Sampai? Ini Kata Walidy Panteraja


Pertanyaan:

Aslkm Tgk semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Mau nanya. Adakah dasar hukumnya menghadiah kan fahala baca Fatihah kepada orang uang telah meninggal. Sering ditanya tapi nga bisa jawab. Karena dalam Alquran disebutkan seseorang hanya mendapatkan apa yang telah dikerjakannya. Mohon petunjuk Tgk. Semoga kita lebih paham dan kalau kita lakukan ada pengetahuan pada nya. Bukan ikut ikutan. 🙏🙏

Jawaban :

Wa'alaikumumussalam.. 

Sedekah, do’a dan bacaan al quran sampai pahala yang diniatkan dan sangat bermanfaat bagi orang yang telah meninggal.

Tetapi  pahala do’a dan bacaan al-quran yang sampai kepada mayit hanyalah misilnya (artinya kopian dari pahala orang yang menghadiahkannya).


Namun berbeda dengan pahala sedekah yang sampai kepada mayit yaitu sama seperti ia sendiri yang bersedekah, begitu juga dengan do’a yang dihadiahkan oleh seorang anak kepada orang tuanya.


Menyangjut dg ayat di bawah ini

وَأَنْ لَيْسَ لِلإِنْسَانِ إِلاَّ مَا سَعَى} 

Artinya tidak berhak bagi seseorang kecuali apa yg ia kerjakan

Ayat ini hanya menunjuki kepada tidak ada kepemilikan  bagi suatu amalan selain utk pelaku amalan itu sendiri, dan sama sekali tidak menunjuki bahwa tidak ada manfaat dengan amalan orang lain karena Allah tidak menyebutkan “tidak bermanfaat bagi manusia kecuali amalannya sendiri”. karena usaha orang lain adalah miliknya sendiri jika ia menghendaki ia bisa saja memberikan kepada orang lain maka orang lain bisa saja mendapatkan manfaatnya dan jika ia menghendaki bisa saja ia tetapkan untuk dirinya sendiri. 

Para ulama telah ijmak bahwa bisa bermanfaat untuk mayat dengan shalat, doa, haji baginya, dan hal-hal yang lain yang ada dalilnya yang dapat memberi manfaat dengan amal orang lain.

(Hasil Dokumentasi dari Grub WatsAap Walidy) 

Post a Comment for "Mengirim Pahala Bacaan Al Qur'an Kepada Mayit Apakah Sampai? Ini Kata Walidy Panteraja "