menuj Penjelasan mengenai Alif Lam lil Kamal - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan mengenai Alif Lam lil Kamal


Pada artikel kali ini kita mencoba untuk membahas tentang Alif Lam, sudah kita ketahui bersama bahwa Alif Lam ini adalah satu satu dari tanda Isim, maka dengan demikian, bisa dipastikan Kalimat itu merupakan Isim.

Memang Alif Lam ini memiliki beberapa bagian, namun disini kita hanya akan menjelaskan tentang Alif Lam lil Kamal.

Untuk memudahkan dalam memahami, penjelasan ini akan kita bagi ke 3 tahap, pertama, apa itu Alif Lam lil Kamal, kedua, dimana tempatnya berada, ketiga, tergolong kedalam alif lam apakah Alif Lam lil Kamal ini, maksudnya apakah ia tergolong dalam Alif lam 'Ahdi, Jinsi, atau Istighra' Afrad.

Baiklah langsung saja,,

1. Alif lam lil Kamal adalah Alif lam yang memberi pengertian sempurna pada lafadh yang dimasuki 

2. Alif Lam lil Kamal adalah Alif Lam yang terdapat pada Asmaul Husna, seperti contoh الرَّحْمٰن dan الرَّحِيْم Alif Lam pada kedua kalimat ini adalah Alif lam lil Kamal.

3. Termasuk Alif Lam Jinsi dengan pertimbangan, ma'na kamal mengandung pengertian menghabiskan kekususan dalam satuan jenis.

Referensi nya: 

- Kawakibud Durriyyah, juz I, hal 61 

ولهذا كانت ال فى الاسماء الحسنى للكمال كما نص عليه ابن حجر وغيره فالعالم والخالق والمصور والرزاق معناه الكامل فى معنى العلم والخلق والتصوير والرزق 

- Kawakibud Durriyyah, juz I, hal 65

او استغراق خصاءئص الافراد اى صفات افراد الجنس مبالغة بان خلفتها كل مجازا ومنه التى فى اسمائه تعلى غير العلم كما نص عليه البدر ابن قاض شبهة وغيره وتسمى لام الكلام كما سبق نقله عن الشيخ ابن حجر

Post a Comment for "Penjelasan mengenai Alif Lam lil Kamal "