menuj Hikmah Manusia Hanya Mempunyai Satu Lidah - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hikmah Manusia Hanya Mempunyai Satu Lidah


Lidah adalah ciptaan Allah yang tidak memiliki tulang, juga tidak memiliki ketajaman, sehingga tidak bisa melukai fisik seseorang, namun walau lidah tidak memiliki tulang dan tidak memiliki ketajaman bagaikan pedang, tetapi lidah ini lebih berbahaya daripada pedang.

Karena lidah bisa melukai hati seseorang, dan luka yang diakibatkan oleh lidah adalah luka batin, yang efeknya lebih parah daripada luka dhahir.

Maka dari itu, dalam Agama Islam mengajarkan bagi kita untuk terus menjaga lidah, jangan sampai bisa melukai hati seseorang, karena keselamatan manusia sangat tergantung pada bagusnya manusia dalam menjaga lidah.

Namun..!! Pernahkah kita membayangkan, kenapa Allah menjadikan lidah ini hanya satu, berbeda dengan mata, telinga, dan lain-lain??

Ternyata Allah menciptakan lidah ini hanya satu ada Hikmahnya tersendiri, sebagaimana yang tertera di dalam Kitab Nashaihul 'Ibad, halaman 13:

قيل الحكمة فى ان اللسان واحد تنبه للعبد فى انه لا ينبغى ان يتكلم الا فيما يهمه وفى خير

وقيل لان الذاكر بكل لغات كان ذكره للمذكور الواحد وهو الله تعلى وكذلك القلب بخلاف نحو العين والاذن فانه يتعدد

قيل لان الحاجة الى السمع والبصر اكثر من الحاجة الى الكلام

"Dikatakan orang, Hikmah Lidah itu hanya satu adalah sebuah pemberitahuan bahwa setiap tidak boleh untuk berbicara melakukan pada seseorang yang penting, dan kebaikan 

Dan dikatakan orang, karena sesungguhnya orang yang Berzikir dengan setia bahasa, zikir tersebut harus kepada satu zat saja yaitu Allah, begitu juga dengan hati, kebalikannya adalah mata, dan telinga, maka kedua ini memiliki pasangan. 

Dikatakan orang, keperluan untuk mendengar dan melihat itu lebih banyak dari keperluan untuk berbicara"

Semoga bermanfaat, terimakasih telah mengunjungi kami, Salam Redaksi... 


Post a Comment for "Hikmah Manusia Hanya Mempunyai Satu Lidah"