menuj Air Mani Itu Suci, Tapi Kenapa Mewajibkan Mandi? | Simak Ulasan Berikut Ini - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Air Mani Itu Suci, Tapi Kenapa Mewajibkan Mandi? | Simak Ulasan Berikut Ini


Assalamualaikum..

Dalam kitab Fiqih di sebutkan bahwa air mani itu suci, tetapi kenapa di saat orang keluar air mani, di wajibkan untuk mandi? 

Mohon jawabannya.. 

Wa'aalaikumussalam Wr Wb.

Keluar mani adalah satu sebab wajib mandi, demikian pula jima', karena pada kebiasaanya jima' itu bisa keluar mani, 

Diriwayatkan dari Abi Sa'id, bahwa berkata ia, telah berkatalah rasulullah saw.

انما الماء من الماء روه مسلم

"Bermula air (kewajiban mandi) itu dari sebab air (keluar mani)" (H.R Muslim) 

Dan diriwayatkan dari Ummi Salah ra, bahwa Ummu Sulaim berkata: "Ya Rasulullah, bahwa Allah Ta'ala tidak malu menyatakan yang haq, apakah wajib bagi seorang perempuan apabila dia bermimpi (junub), untuk mandi wajib, jawab Rasulullah:

نعم اذا رأت الماء رواه البخارى ومسلم

"Ya apabila ia melihat air (mani)"

Mani (sperma) adalah suatu cairan di saat keluarnya dengan terpancar, di sertai dengan kelezatan, juga di saat keluar mani, akan menyebabkan lemahnya zakar, dan melemahkan hasrat untuk sementara waktu, inilah alasan sehingga, saat keluar mani menyebabkan wajib mandi.

Mani tergolong kedalam benda suci, dalam artian, bila mani tsb terkena pada pakaian, maka tidak dapat menegah akan shalat, sebagaimana di riwayatkan dari ibni Abbas ra, bahwa ia berkata: "Pernah di tanyakan kepada Rasulullah, tentang mani yang mengenai pakaian, lalu jawab Rasulullah:

انما هو بمنزلة المخاط والبصاق وانما بكفيك ان تمسحه بخرقة او اذخرة

"Hanya sanya mani itu setingkat dengan ingus dan ludah, dan cukuplah bagimu untuk membasuhnya dengan kain, atau izkhirah (sejenis rumput wangi)" (H.R Addaraquthni, Atthabrani, Al Baihaqi, Atthahawi).

Adapun hikmah di wajibkan mandi di saat keluarnya mani bahwa mani itu adalah benih yang di proses oleh sekalian tubuh, keluarnya mani dapat mengakibatkan lemah nya tubuh, dan kadangkala dapat menyebabkan kelesuan dan kemalasan.

Dalam ilmu kedokteran di jelaskan bahwa dalam sekali seseorang mengeluarkan mani, berarti ia telah mengeluarkan 2000.000.000 (dua milyar) benih hidup dari mani (spermatozoid), dalam artian dalam sekali manusia mengeluarkan mani, berarti telah keluar dua milyar jiwa untuk kekuatannya, dapatlah kita bayangkan betapa dahsyatnya perkara ini, namun kadangkala kita sering meremehkan nya.

Maka untuk menormalkan keadaan kita, menurut ilmu thabib (kedokteran), haruslah kita membasahi seluruh tubuh/mandi, terutama dengan air yang hangat.

Itulah rahasia atau hikmah dari kewajiban mandi di saat keluarnya mani. 

Jawaban ini dari salah seorang ulama Indonesia yaitu K.H. Muhammad Syafi'i Hadzami. 

Referensi (Kitab Taidhihul adillah jilid 2, hal 90-92)

(Redaksi) 

Post a Comment for "Air Mani Itu Suci, Tapi Kenapa Mewajibkan Mandi? | Simak Ulasan Berikut Ini"