menuj Jin dan Sandal Imam Ahmad bin Hambal - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jin dan Sandal Imam Ahmad bin Hambal


Ada sebuah kisah dalam kitab Thaaqat Al Hanabilah karya Ibnu Abi Ya'la bahwa suatu hari Al Imam Ahmad bin Hanbal -rahmahullah- sedang berada di masjid.Kemudian datanglah Khalifah Al Abbas Al Mutawakkil kepada beliau memberitahukan bahwa ada kerabat nya yang bernama jariyah, kerasukan jin. Khalifah Al Mutawakkil meminta Al Imam Ahmad rahimahullah untuk berdoa kepada Allah agar kerabatnya diberi kesembuhan. Setelah bberdoa,Al Imam Ahmad -rahimahullah- menitipkan sandalnya lalu beliau berkata:

"Bawalah sandal ini ke kediaman Amirul mu'minin dan letakkan di sebelah kepala Jariyah dan katakan kepadanya (kepada jin) bahwa Ahmad bin Hanbal berkata kepadaku:"keluarlah dari tubuh Jariyah ini atau aku akan memukul mu sampai 70 kali!"

Lantas jin tersebut berkata melalui lisan jariyah:

"Aku mendengar dan taat. kalaupun seandainya Ahmad bin Hanbal menyuruhku pergi dari iraq, pasti akan menuruti perintah nya. Sesungguhnya dia itu orang yang taat kepada Allah, siapapun akan menurut kepadanya."

Kemudian keluarlah jin tersebut dari tubuh jariyah, sepeninggal Imam Ahmad bin Hanbal Wafat, jin yang dahulu kembali merasuk pada tubuh jariyah. Khalifah al-Mutawakkil lantas mendatangi penerus dakwah Imam Ahmad, yakni Imam al-Mawardzi rahimahumullah, lalu memberitahukan keadaan jariyah. al-Imam al-Mawardzi pun mengirimkan sandal nya lalu di letakkan di sisi kepala jariyah dan di katakan kepada jin yang merasuk sebagaimana dahulu.

Alih-alih keluar, jin ifrit tadi menjawab:

"aku tidak akan keluar, aku tidak menuruti perintah mu. Sesungguhnya Ahmad bin Hanbal itulah yang taat kepada Allah dan aku hanya mau menuruti perintahnya."

(kisah Teladan 4 Imam Mazhab, Halaman 123)

Post a Comment for "Jin dan Sandal Imam Ahmad bin Hambal"