menuj Hukum Membaca Fatihah Setelah Shalat - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hukum Membaca Fatihah Setelah Shalat


Sering kita lihat setelah berlangsungnya Shalat Wajib, atau setelah wirid, imam membaca Surah, Al Fatihah setelah itu, namun ternyata amalan yang sudah sering di lakukan oleh Masyarakat ini, di klaim Bid'ah oleh sebagian orang, mereka mengatakan hal itu tidak ada dalil nya, apakah benar demikian. 

Apakah rutinitas yang sering dilakukan oleh masyarakat itu Bid'ah? 

Dalam hal ini marilah kita, melihat apa yang telah di Sampaikan oleh Singa Aswaja Nusantara yaitu K.H Muhammad Idrus Ramli. 

Berikut uraian beliau :

"Sahabat Ibnu Abbas رضي الله عنهما berkata:

بَيْنَمَا جِبْرِيلُ قَاعِدٌ عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، سَمِعَ نَقِيضًا مِنْ فَوْقِهِ، فَرَفَعَ رَأْسَهُ، فَقَالَ: " هَذَا بَابٌ مِنَ السَّمَاءِ فُتِحَ الْيَوْمَ لَمْ يُفْتَحْ قَطُّ إِلَّا الْيَوْمَ، فَنَزَلَ مِنْهُ مَلَكٌ، فَقَالَ: هَذَا مَلَكٌ نَزَلَ إِلَى الْأَرْضِ لَمْ يَنْزِلْ قَطُّ إِلَّا الْيَوْمَ، فَسَلَّمَ، وَقَالَ: أَبْشِرْ بِنُورَيْنِ أُوتِيتَهُمَا لَمْ يُؤْتَهُمَا نَبِيٌّ قَبْلَكَ: فَاتِحَةُ الْكِتَابِ، وَخَوَاتِيمُ سُورَةِ الْبَقَرَةِ، لَنْ تَقْرَأَ بِحَرْفٍ مِنْهُمَا إِلَّا أُعْطِيتَهُ 

Ketika Jibril sedang duduk bersama Nabi ﷺ, beliau (Nabi ﷺ) mendengar suara pintu terbuka dari atas. Beliau mengangkat kepala. Lalu Jibril berkata: "Ini pintu di langit yang dibuka pada hari ini, belum pernah dibuka kecuali hari ini. Lalu Malaikat turun dari pintu itu". Jibril berkata: "Ini Malaikat yang turun ke bumi. Ia belum pernah turun kecuali hari ini." Malaikat itu mengucapkan salam dan berkata: "Bergembiralah dengan dua cahaya yang diberikan kepadamu, yang belum pernah diberikan kepada seorang nabi sebelum kamu, yaitu Fatihah al-Kitab dan beberapa ayat penutup Surah al-Baqarah. Kamu tidak akan membaca satu kalimat dari keduanya, kecuali kamu akan diberikan (permohonan)mu."

Hadits shahih riwayat Muslim [806]; al-Nasa'i [912]; Ibnu Hibban [423]; dan al-Hakim [2071].

Ada beberapa hal yang perlu dijelaskan berkaitan dengan hadits di atas.

1) Anjuran dan kesunahan memperbanyak membaca Surah al-Fatihah dan beberapa ayat penutup Surah al-Baqarah.

2) Surah al-Fatihah dan penutup Surah al-Baqarah memuat doa-doa dan apabila dibaca pasti Allah mengabulkan doa-doa yang ada di dalamnya.

3) Para ulama fuqaha menjadikan Surah al-Fatihah dan penutup Surah al-Baqarah termasuk ayat-ayat yang dianjurkan dibaca sebagai dzikir dan doa setelah shalat maktubah. 

Sumber rujukan; Syaikh al-Harari, Syarh Shahih Muslim (juz 10 hlm 158), al-Imam Ibnu Hajar al-Haitami, al-Manhaj al-Qawim bersama Hasyiyah al-Tarmasi (juz 3 hlm 120), dan lain-lain...

Post a Comment for "Hukum Membaca Fatihah Setelah Shalat"