menuj Apakah Telur Ayam Wajib di Cuci Sebelum di Goreng ? - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Telur Ayam Wajib di Cuci Sebelum di Goreng ?


Deskripsi :

Telur ayam adalah salah satu favorit masyarakat, khususnya di Indonesia, karena rasa nya yang enak, dan juga cara memasak nya juga mudah, bisa di Goreng, di rebus dan lain lain, namun banyak sekali orang kurang perhatian dalam masalah ini, mereka condong kurang memahami saat menggoreng telur tanpa memperhatikan najis najis nya.

Pertanyaan :

Apakah kita Wajib kita mencuci terlebih dahulu saat mau menggoreng telur ayam ?

Jawaban :

Jika sudah jelas nampak najis nya di kulit telur ayam tersebut maka hukum mencuci nya adalah Wajib, namun jika sudah kita periksa dan tidak kita temukan najis maka tidak wajib untuk di cuci, dan boleh langsung untuk di goreng.

Untuk lebih menguatkan, mari kita melihat redaksi kitab di bawah ini :

واما اذا رأى على البيض نجاسة فغسلها واجب ان اراد قليه وان اراد سلقه او شيه لم تجب ازالة النجاسة التى على القشر ثم اذا سلقه ازال قشره ثم أكله ويجب الاحتراز عما على القشر من الرباوية من ماء الساق

"Ketika seseorang tau ada najis di telur ayam, maka ia wajib membasuhnya ketika hendak di goreng. Dan jika ingin merebus atau membakar telor ayam tersebut, maka tidak wajib menghilangkan najis yang ada di kulit telur tersebut, lalu ketika telah di rebus buanglah kulitnya dan makanlah, dan wajib untuk menghindari air bekas rebusan telur, yang telah bercampur dengan najis"

(Fathul Jawwad, karangan Ibnu Hajar al-Haitami, halaman 61)

Post a Comment for "Apakah Telur Ayam Wajib di Cuci Sebelum di Goreng ?"