menuj Kisah Tentang Asal Usul Kopi - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Tentang Asal Usul Kopi



Kopi adalah minuman yang akrab dengan kaum muslimin, terutama di Hadramaut. Hampir seiap acara keagamaan di sana suguhan kopi hangat yang di tuangkan pada cangkir selalu mewarnai. Banyak tokoh sufi Hadrami yang menjadi penggemar setia kopi semisal Habib Ahmad bin Muhammad al-Habsyi Shahius Syib, Habib Adullah bin Alwi al-Haddad, Habib Ali bin Hasan al-Attas, Habib Umar bin Segaf as-Segaf, Syekh Umar bin Adullah Bamakhramah dan Syekh Abdurrahman bin Umar al-Amudi.

Dalam manuskrib "Rihlah Hadramiyah" yang di tulis Habib Alwi bin Thahir al-Haddad, Habib Abu Bakar bin Abdullah al-Attas menuturkan bahwa awal mula kopi di jadikan minuman berlangsung di masa Syekh Abul Hasan Ali bin Umar as-Syazili. ketika itu Syekh Ali baru saja di tahbiskan sebagai wali qutub (pemimpin para wali) di zaman nya. Di tengah pelantikan dirinya, Syekh Ali merasa risau lantaran banyak nya orang yang di ganggu jin. kerisauan itu beliau curahkan kepada Nabi Khidhir AS tatkala mereka berjumpa. " Bagaimana ini bisa terjadi ? sebelumnya tak pernah ada wabah seperti ini (merajalela jin di banyak negeri)?" demikian Syekh Ali mengunggkapkan keprihatinan nya.

Menanggapi kerisauan itu, Nabi Khidhir AS memberikan jalan keluar, beliau menyerahkan dua batang pohon kopi sembari berpesan "Tanamlah pohon ini, masaklah buahnya, lalu anjurkan orang-orang agar memasaknya di rumah-rumah mereka, niscaya bahaya jin tertangkal dengan ini.

Syekh Ali melaksanakan nasehat Nabi Khidhir AS. Beliau mengajurkan orang-orang menanam pohon kopi dan menjadikan biji buahnya sebagai minuman. Sejak saat itu gangguan mulai reda di atas bumi.

(Hikayat-Hikayat Dari Negeri Hadramaut, halaman 17) 

Post a Comment for "Kisah Tentang Asal Usul Kopi"