Qaidah Nahwu Tentang Mashdar part 4
Qaidah Nahwu
المصدر لا يخبر عن الذات الا بالتأويل
“ Mashdar tidak boleh di jadikan sebagi khabar
dari zat kecuali dengan ditakwil”
Penjelasan
Qaidah :
Setiap
ada mubtada pasti ada khabar, karena itu merupakan undang undang dalam ilmu
nahwu, salah satu faedah dari ada nya khabar adalah untuk menyempurnakan
mubtada dan menjelaskan hakikat dari mubtada, dan untuk menjelaskan hakikat
mubtada ni tidak boleh memakai kalimat mashdar tetapi harus dengan isim fai’il
atau isim maf’ul, dan bila seandai nya ada di perdapatkan mashdar di jadikan
sebagai khabar, maka mashdar tersebut harus di takwil menjadi menjadi isim
fa’il atau isim maf’ul sesuai dengan qaaidah yang telah di sebutkan di atas.
Contoh
nya
ذيد قيام
Contoh
yang seperti ini pada dasar nya tidak di bolehkan namun bisa juga di pakai
contoh ini tetapi harus di takwil kepada isim fai’il atau isim maf;ul.
Contoh
nya jika sudah di takwil
ذيد قائم
(Kitab hasyiah Al Khudri juz 1, hal 132, cetakan haramain)
Post a Comment for "Qaidah Nahwu Tentang Mashdar part 4"