menuj Terjemahan Matan Ghayah wa Taqrib | Mengebumikan Jenazah | Kitab Shalat, Part 29 - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terjemahan Matan Ghayah wa Taqrib | Mengebumikan Jenazah | Kitab Shalat, Part 29


 وَيُدْفَنُ فِي لَحْدٍ مُسْتَقْبِلَ القِبْلَةِ وَيُسَلُّ مِنْ قِبَلِ رَأْسِهِ بِرِفْقٍ وَيَقُولُ الَّذِي يُلْحِدُهُ: بِسْمِ اللهِ وَعَلَى مِلَّةِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْه وَسَلَّمَ وَيُضْجَعُ فِي القَبْرِ بَعْدَ أن يُعَمَّقَ قَامَةً وَبَسْطَةً وَيُسَطَّحُ القَبْرُ وَلَا يُبْنَى عَلَيْهِ وَلاَ يُجَصَّصَ وَلَا بَأْسَ بِالبُكَاءِ عَلَى المَيِّتِ مِنْ غَيْرِ نَوْحٍ وَلَا شَقِّ جِيبٍ وَيُعَزَّى أَهْلُهُ إِلَى ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ دَفْنِهِ وَلاَ يُدْفَنُ اثْنَانِ فِي قَبْرٍ إلاَّ لِحَاجَةٍ

Dikebumikan dalam liang lahad, menghadap kiblat, diturunkan dari arah kepala dengan pelan-pelan, kemudian orang yang mengebumikan berucap:

"Dengan nama Allah, dan diatas agama rasulullah shallahu 'alaihi wasallam"

Dibaringkan mayit dalam kubur sesudah didalamkan ukuran kadar berdiri dan diluaskan, Kubur ditimbun tinggi tengah dan tidak boleh dibangun, dilep pkai semen.

Dan tidak apa apa menangisi mayit dengan tanpa mengeluh dan tanpa menobek nyobek kerah baju. Dan di ta’ziyahi ahli mayit sampai tiga hari terhitung setelah pemakamannya. Dan tidak boleh dikubur dua orang dalam satu kubur kecuali ada keperluan.

Baca sebelumnya: Part 28

Baca lanjutannya: Part 30

Post a Comment for " Terjemahan Matan Ghayah wa Taqrib | Mengebumikan Jenazah | Kitab Shalat, Part 29"