menuj Terjemahan Matan Ghayah wa Taqrib | Fasal Shalat Lima Waktu | Kitab Shalat, Part 13 - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terjemahan Matan Ghayah wa Taqrib | Fasal Shalat Lima Waktu | Kitab Shalat, Part 13


 كتاب الصلاة 

الصلاة المفروضة خمس: الظهر، واول وقتها زوال الشمس وآخره اذا صار ظل كل شيء مثله بعد ظل الزوال. والعصر، واول وقتها الزيادة على ظل المثل وآخره فى الاختيار الى ظل المثلين، وفى الجواز إلى غروب الشمس. والمغرب، ووقتها واحد وهو غروب الشمس وبمقدار ما يؤذن ويتوضأ ويستر العورة ويقيم الصلاة ويصلى خمس ركعات. والعشاء، واول وقتها اذا غاب الشفق الاحمر وآخره فى الاختيار الى ثلث الليل، وفى الجواز الى طلوع الفجر الثانى. والصبح، واول وقتها طلوع الفجر الثانى وآخره فى الاختيار الى الاسفار، وفى الجواز الى طلوع الشمس

(Kitab Shalat)

Shalat yang difardukan ada lima:

1. Dhuhur, awal waktunya adalah saat tergelincir matahari, dan akhirnya adalah disaat bayangan sesuatu bisa menyamainya sesudah bayangan.

2. 'Ashar, awal waktunya adalah disaat melenihi bayangan mitsil (menyamai sesuatu) dan akhir waktunya dalam waktu ikhtiyar adalah sampai dua bayangan dari sesuatu.

3. Magrib, waktunya adalah satu, yaitu terbenam matahari, dan kadar azan, wudhu, menutup aurat, mendirikan shalat dan shalat 5 rakaat.

4. 'Isya, awal waktunya adalah saat hilang cahaya merah, akhir waktunya dalam waktu ikhtiyar adalah 1/3 malam dan pada waktu boleh adalah hingga terbit fajar.

5. Shubuh, awal waktunya adalah disaat terbit fajar yang kedua, akhir waktunya dalam waktu ikhtiyar adalah hingga berwarna kekuningan dan pada waktu boleh adalah hingga terbit matahari.

Baca sebelumnya: Part 12

Baca lanjutannya: Part 14

Post a Comment for "Terjemahan Matan Ghayah wa Taqrib | Fasal Shalat Lima Waktu | Kitab Shalat, Part 13"