menuj Terjemahan Kitab Jurumiyah | Bab Isim-Isim Makhfud - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terjemahan Kitab Jurumiyah | Bab Isim-Isim Makhfud

 


بَابُ مَخْفُوْضَاتِ الْأَسْمَاءِ 

الْمَخْفُوْضَاتُ ثَلَاثَةُ أَقْسَامٍ:مَخْفُوْضٌ بِالْحَرْفِ، وَمَخْفُوْضٌ بِالْإِضَافَةِ، وَتَابِعٌ لِلْمَخْفُوْضِ

فَاَمَّاالْمَخْفُوْضُ بِالْحَرْفِ، فَهُوَ مَا يُخْفَضُ بِمِنْ، وَاِلَى، وَعَنْ، وَعَلَى، وَفِي، وَرُبَّ، وَالْبَاءِ، وَالْكَافِ، وَاللَّامِ، وَبِحُرُوْفِ الْقَسَمِ، وَهِيَ: الْوَاوُ، وَالْبَاءُ، وَالتَّاءُ، وَبِمُذْ، وَمُنْذُ.

Adapun isim yang dijarkan itu ada tiga macam bagian yaitu : ada yang dijerkan dengan huruf jer , ada yang dijerkan sebab idhofah , dan ada yang dijerkan dengan mengikuti kepada lafadz yang dijerkan (na’at,athaf,taukid,badal).

Adapun yang dijerkan dengan huruf , yaitu dijerkan dengan min , ila , ‘an , ‘ala , fii , rubba , ba’ , kaf , lam , dan huruf huruf qasam ( wawu , ba’ , ta’ , mudz , dan mundzu) .

وَأَمَّا مَا يُخْفَضُ بِالْإضَافَةِ، فَنَحْوُ قَوْلِكَ: غُلاَمُ زَيْدٍ، وَهُوَ عَلَى قِسْمَيْنِ: مَا يُقَدَّرُ بِاللَّاِم، وَمَا يُقَدَّرُ بِمِنْ، فَالَّذِي يُقَدَّرُ بِاللَّامِ، نَحْوُ: غُلَامُ زَيْدٍ، وَالَّذِيْ يُقَدَّرُ بِمِنْ، نَحْوُ: ثَوْبُ خَزٍّ، وَبَابُ سَاجٍ، وَخَاتَمُ حَدِيْدٍ.

Adapun yang dijerkan dengan idhofah , seperti ucapanmu : ghulaamu zaidin , dan idhofah itu dibagi menjadi dua bagian : yang mengira ngirakan makna  lam dan mengira ngirakan makna min .

Adapun yang mengira ngirakan makna lam , seperti contoh : ghulaamu zaidin ( budak punyanya zaid ) . Dan yang mengira ngirakan makna min , seperti contoh  : staubu khozzin (baju dari sutera) , babu saajin (pintu dari kayu) , khootamu hadiidin (cincin dari besi) dan lafadz lafadz yang menyerupai lafadz tersebut  

Post a Comment for "Terjemahan Kitab Jurumiyah | Bab Isim-Isim Makhfud"