menuj Jenis Jenis Binatang Yang Haram Di Konsumsi, Simak Penjelasan Walidy Panteraja..!! - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Jenis Binatang Yang Haram Di Konsumsi, Simak Penjelasan Walidy Panteraja..!!


Pertanyaan :

Aslkm. Maaf Tgk mau nanya. Di dalam Alquran surah ke 16. Allah berfirman diharamkan kepada mu memakan darah  daging babi dan hewan yang disembelih tidak dengan nama Allah. Kalau dilihat dari Alquran sedikit sekali hewan yang haram di konsumsi. Trus dari mana dalilnya harimau anjing ular dan yang lain nya yang kita tidak boleh makan. Mohon pencerahannya Tgk. 🙏🙏

Jawaban :

Oleh : Tgk H. Sulaiman Hasan (Walidy Panteraja)

Wa'alaikumumussalam 

Singa, harimau, serigala, dan sejenisnya haram dimakan

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda, “Semua binatang buas yang bertaring, maka memakannya adalah haram. (HR. Imam Muslim).

Ciri binatang haram

A.binatang yang haram menurut penilaian thiba’us salimah atau tabiat dan akal sehat(menjijik) seperti belatung, cacing, kutu,ular dan lainnya.

Allah berfirman dalam Surah Al-A'raf ayat 157 yang artinya, “Dan Allah mengharamkan bagi mereka segala yang buruk.

B.Burung yang berkuku tajam misalnya elang, rajawali, dan lainnya.

Dari Ibnu Abbas ra, Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya Nabi saw melarang ketika perang Khaibar untuk memakan semua burung yang mempunyai kuku panjang dan setiap binatang buas yang bertaring.” (HR. Imam Muslim).

C.Binatang yang diperbolehkan untuk dibunuh, Karena merugikan dan tergolong jahat, ternyata ada sejumlah binatang yang diperbolehkan untuk dibunuh.

Dari Aisyah ra, Rasulullah saw bersabda, Lima binatang jahat boleh dibunuh, baik di tanah halal atau haram, yaitu tikus, kalajengking, burung buas, gagak, dan anjing galak.” (HR. Imam Bukhari).

D.Binatang yang dilarang untuk dibunuh, haram dikonsumsi

Dari Ibnu Abbas ra, Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya Nabi saw melarang membunuh empat jenis binatang, yaitu semut, lebah, burung hud-hud dan burung shurad (sejenis burung gereja).” (HR. Abu Daud).

(Dokumentasi Grub WatsAap Walidy Panteraja)

Post a Comment for "Jenis Jenis Binatang Yang Haram Di Konsumsi, Simak Penjelasan Walidy Panteraja..!! "