menuj Pidato Pertama Saidina Ali setelah dilantik sebagai Khalifah - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pidato Pertama Saidina Ali setelah dilantik sebagai Khalifah


Setelah Saidina Utsman wafat,  umat saat itu dalam keadaan gundah dan gelisah, mereka kehilangan pemimpinnya, dan pada saat hanya Saidina Ali yang cocok untuk menjabat sebagai Khalifah. Kemudian mereka bergegas menuju ke kediaman Saidina Ali dan memintanya untuk menjadi Pemimpin, namun Saidina Ali menolak permintaan mereka.

Namun para umat saat itu bersikeras meminta kepada Saidina Ali untuk menjadi Khalifah, setelah meminta kesekian kalinya, akhirnya Saidina Ali mau untuk menjadi Khalifah, dan siap untuk dilantik.

Setelah pelantikan selesai, kemudian Saidina Ali berpidato dihadapan para manusia, pertama sekali Saidina Ali mengucapkan Puji kepada Allah, dan mengatakan:

ايها الناس ان الله انزل كتابا هاديا يبين فيه الخير والشر فخذوا بالخير ودعوا الشر اتقوا الله عباد الله فى بلاده وعباده انكم مسؤلون حتى عن البقاع والبهائم اطيعوا الله ولا تعصوه واذا رأيتم الخير فخذوا به واذا رأيتم الشر فدعوه

"Wahai para manusia, sesungguhnya Allah menurunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk, yang nyatakan dalamnya Al-Qur'an akan kebaikan dan keburukan. Maka ambillah kebaikan dan tinggalkan keburukan, bertaqwalah kepada Allah wahai hamba Allah dalam negeri Allah, dan dalam beribadah kepada-Nya Allah, Sesungguhnya kamu akan ditanyakan sehingga dari tanah dan binatang-binatang, ta'atlah kepada dan jangan kalian bermaksiat kepada-Nya. Maka apabila kalian lihat kebaikan maka ambillah, dan sebaliknya jika kalian lihat keburukan maka tinggalkanlah"

Referensi:

(Khulashah 3, halaman 51, cetakan Maktabah Hikmah)

Post a Comment for "Pidato Pertama Saidina Ali setelah dilantik sebagai Khalifah"