menuj Berapakah Mahar Rasulullah untuk Sayidah Khadijah ? Simak Ulasan Berikut Ini..!! - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berapakah Mahar Rasulullah untuk Sayidah Khadijah ? Simak Ulasan Berikut Ini..!!




Pertanyaan:

Assalamu'alaikum,,

Izin bertanya, apakah ada keterangan tentang maharnya Maharnya Rasulullah untuk Sayidah Khadijah?

Jawaban:

Wa'alaikumsalam,, 

Sebagaimana yang tertera didalam kitab Shahih Muslim, bahwa mahar Rasulullah yang diberikan kepada istri-istri beliau adalah 500 Dirham, didalam kitab tersebut dinyatakan kepada semua istri-istri Nabi, maka termasuk Sayidah Khadijah, dari itu bisa diambil kesimpulan bahwa mahar yang diberikan oleh Rasulullah untuk Sayidah Khadijah adalah 500 dirham.

Berikut dibawah ini ibarat lengkapnya:

حَدَّثَنَاعَبْدُ العَزِيْزِ عَنْ يَزِيْدٍ عَنْ مُحَمَّدٍ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ عَنْ أبِى سَلْمَةَ عَنْ عَبْدِ الرَحْمَنِ أَنَّهُ قَالَ سَأَلْتُ عَائِشَةَ زَوْجض النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَمْ كَانَ صِدَاقُ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, قَالَتْ: كَانَ صِدَاقُهُ لأَزْوَاجِهِ ثِنْتَى عَشْرَةَ أوْقِيَةً وَنَشًّاز قَالَ: قَالَتْ: أتَدْرِى مَا النَّشُّ ؟. قَالَ: قُلْتُ: لاَ! قَالَتْ: نِصْفُ أوْقِيَةٍ ؛ فَتِلْكَ خَمْسُمِائَةِ دِرْهَمٍ. فَهَذَا صِدَاقُ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لأَزْوَاجِهِ.

"Telah menceritakan hadist pada kami Abdul Aziz dari Yazid dari Muhammad dari Ibrahim dari Abi Salamah dari Abdur Rahman bahwa sesungguhnya dia berkata: saya telah bertanya kepada Aisyah isteri Rasulullahsaw., berapa jumlah mas kawin Rasulullah saw.? Aisyah berkata: mas kawin Rasulullah saw kepada para isteri beliau adalah 12 auqiyah dan satu nasy. Aisyah berkata: Tahukah engkau apakah nash itu? Abdur Rahman berkata: Aku berkata: Tidak! Aisyah berkata: Setengah auqiyah. Jadi semuanya 500 dirham. Inilah mas kawin Rasulullahsaw kepada para isteri beliau".

Referensi:

(Shahih Muslim Juz 1 halaman 597)

Post a Comment for "Berapakah Mahar Rasulullah untuk Sayidah Khadijah ? Simak Ulasan Berikut Ini..!!"