menuj 10 Kata-Kata Bijak Dari Imam Syafi'i Part 1 - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Kata-Kata Bijak Dari Imam Syafi'i Part 1


Imam Syafi'i adalah Ulama yang Intelektual, yang dapat menguasai berbagai disiplin ilmu, dari ilmu Fiqah, Tashawuf dll. Juga Imam Syafi'i sangat mahir dalam mengungkapkan kata kata bijak dalam bentuk Sya'ir, namun penulis di sini hanya mampu menyajikan kata kata bijak Imam Syafi'i dalam bentuk termahan

Berikut 10 Kata-Kata Bijak Imam Syafi'i 

1. Terlalu membuka diri akan menyebabkan teman-teman buruk mendekat, namun terlalu menutup diri akan menyebabkan permusuhan; maka beradalah di antara keduanya.

2. Tidaklah saya memuliakan seseorang di atas semestinya melainkan akan berkurang kemuliaanku sekedar kemuliaan yang saya tambahkan kepadanya. Tiga orang, jika engkau Memuliakannya maka ia akan memuliakanmu; wanit, hamba sahaya, dan orang awam. "

3. Berteman dengan orang yang tak malu adalah perbuatan yang tak tahu malu.

4. Orang yang paling mendzalimi dirinya adalah orang yang merendahkan dirinya kepada orang yang tidak menghargainya, orang mengharapkan cinta seseorang yang tidak bermanfaat untukya, dan orang yang menerima pujian dari orang yang tidak mengenalnya.

5. Orang yang jujur dalam menyanyangi saudaranya adalah orang menerima udzurnya, menyempurnakan kekurangannya, dan memaafkan kesalahannya.

6. Hiduplah dengan orang-orang yang dermawan, maka engkau akan hidup dengan kedermawanan. Namun, janganlah engkau hidup dengan orang yang pelit, maka engkau akan hidup dengan kepelitan.

7. Barangsiapa yang berterima kasih kepadamu atas apa yang tidak engkau kerjakan, maka berhati-hatilah ia akan mencelamu terhadap kesalahan yang tidak engkau lakukan.

8. Tidak ada kebahagiaan yang paling bahagia selain berteman dengan sahabat-sahabat dan tidak ada kesedihan yang paling sedih selain berpisah dengan mereka.

9. Barangsiapa yang menasehati saudaranya secara diam-diam, maka ia telah menasehati saudaranya secara terang-terangan, maka ia telah mencelanya dan menjelekkannya.

10. Kebebasan adalah kemuliaan dan ketakwaan, maka ia adalah orang yang bebas. 

Post a Comment for "10 Kata-Kata Bijak Dari Imam Syafi'i Part 1"