menuj Imam Sibawaihi dan Ilmu Nahwu - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Imam Sibawaihi dan Ilmu Nahwu


Ilmu Nahwu adalah ilmu yang membahas tentang Qaidah-qaidah untuk mengetahui keadaan akhir kata bahasa Arab yang berhubungan dengan nya. Adapun faktor yang mendorong di rumuskan nya Ilmu Nahwu adalah keinginan adanya fasilitas ilmu yang memadai untuk memahami pesan pesan agama dalam Al-Qur'an dan al Hadist yang berbahasa Arab, Implikasi dari bahasa al Qur'an dan al Hadist dalam melakukan amal sehari-hari khusus nya yang berkaitan dengan praktek keagamaan harus menggunakan bahasa Arab. Di samping itu dalam sejarah hidup para ulama Nahwu kebanyakan dari mereka adalah para ahli qira'ah, ahli bacaan Alquran, yang berkepentingan untuk menjaga otentitas bacaan Alquran.

Imam Sibawaihi terkenal dengan julukan 'ajam yang menunjukkan bahwa beliau berasal dari Persia. Nama lengkapnya 'Amr bin 'Utsman Qunbar, lahir di daerah Baidha sebuah desa di negeri Persia berdekatan dengan syiraz pada tahun 148 H bertepatan dengan tahun 765 M. Beliau adalah salah satu murid dari Imam Al Khalil bin Ahmad al Farahidi yang di akui kecerdasan nya dn kepandaian nya dalam masalah Nahwu tentang 'amil dan 'awamil yang kemudian oleh beliau di kumpulkan ilmu ilmu tersebut menjadi Al Kitab. Beliau termasuk ulama yang paling berjasa dalam pengembangan dan penyempurnaan Ilmu Nahwu Bashrah.

Di antara para lingguis yang turut serta mengembangkan ilmu Nahwu adalah Imam Sibawaihi karena di tangan beliaulah bermacam macam istilah Nahwu lahir. Kota Bashrah merupakan kota pusat ilmu pengetahuan.

(Imam Sibawaihi sang pakar ilmu Nahwu, halaman 23)

Post a Comment for "Imam Sibawaihi dan Ilmu Nahwu"