menuj 10 Wasiat Imam Syafi'i Sebelum Meninggal - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Wasiat Imam Syafi'i Sebelum Meninggal


Sebelum Imam Syafi'i meninggal dunia, beliau sempat mengajak Sahabat sahabatnya agar berbuat perubahan jiwa ke arah yang lebih baik. Beliau menyebut bahwa barang siapa yang ingin meninggalkan dunia dalam keadaan selamat, maka lakukanlah 10 perkara.

1. Hak kepada diri, yaitu dengan mengurangi tidur, mengurangi makan, mengurangi percakapan dan berbagi bagi dengan rizki yang ada.

2. Hak kepada malaikat maut, yaitu mengqadha segala kewajiban yang tertinggal, yaitu dengan memohon maaf kepada orang yang di dhalimi, membuat persiapan untuk mati dan merasa cinta kepada Allah SWT.

3. Hak kepada kubur, yaitu membuang tabiat suka menabur fitnah, jangan suka kencing merata, memperbanyak shalat tahajjud dan membantu orang yang di dhalimi.

4. Hak kepada malaikat mukar wa nakir, yaitu jangan berkata dusta, sering berkata benar, meninggalkan maksiat dna memberi nasihat

5. Hak kepada mizan, yaitu menahan kemarahan, banyak berzikir, ikhlas dalam amalan dan snaggup menanggung kesulitan.

6. Hak kepada titi sirath, yaitu membuang kelakuan suka mengupat, wara', bantu orang beriman dan hidup dalam suasana berjamaah

7. Hak kepada malaikat Malik, yaitu menangis lantaran takut kepada Allah SWT, membanyakkan sedeqah, membuat kebaikan kepada ibu bapak dan memperbaiki akhlak.

8. Hak kepada malaikat Ridhwan, penjaga surga, yaitu ridha kepada qadha Allah SWT, sabar atas cobaan, dan bertaubat.

9. Hak kepada Rasulullah, yaitu dengan sering bershalawat kepada Baginda, berpegang kepada sunnah nya dan bersaing untuk mencari kelebihan dalam beribadah

10. Hak kepada Allah SWT, yaitu mengajak manusia kepada kebaikan, mencegah manusia daripada melakukan kemungkaran, benci kepada maksiat, dan tidak melakukan kejahatan.

"Hendaknya orang orang yang mendengar ucapan ku, menyampaikan pula kepada yang lain. Semoga yang terakhir lebih memahami kata-kataku dari mereka yang terus mendengar dariku. Saksikanlah ya Allah, bahwasanya telah aku sampaikan risalah Mu kepada hamba hamba Mu

(Kisah teladan 4 Imam Mazhab, halaman 97)

Post a Comment for "10 Wasiat Imam Syafi'i Sebelum Meninggal"