menuj Apa Hukumnya Wudhu' di Toilet ? ini Jawaban Habib Novel Alaydrus - Pena Teungku //
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Hukumnya Wudhu' di Toilet ? ini Jawaban Habib Novel Alaydrus

Sumber Foto: Tangkap Layar YouTube Habib Novel Alaydrus

PENATEUNGKU.COM
 | Wudhu' merupakan salah satu dari syarat untuk sahnya Shalat, dan Wudhu' ini kita lakukan ketika hendak mengerjakan Shalat.

Disaat kita ingin melakukan Wudhu', kita juga harus memperhatikan hal-hal yang wajib dalam Wudhu', agar Wudhu' yang kita lakukan itu sah.

Seperti air yang kita pakai untuk berwudhu itu harus air suci lagi menyucikan, tidak dalam keadaan berhadast besar, membasuh anggota wajib wudhu, dan lain lain masih ada lagi, namun tidak saya kupas disini mengingat judulnya tadi tentang sah atau tidak sahnya Wudhu' toilet.

Baiklah,, langsung pada pembahasan utama kita, apakah sah Wudhu' dalam Toilet / WC ?

Nah,, untuk menjawab ini.. saya akan mengadopsi jawaban dari Habib Novel Alaydrus, Ulama besar yang tinggal di daerah Solo, Jawa Tengah, sekaligus pengurus Majelis Ar Raudhah, yang sekarang ini sudah menjadi sebuah Pesantren.

Habib Novel menerangkan bahwa Wudhu' di Toilet itu Sah, kalau memang hal yang wajib pada Wudhu' itu dipenuhi, dan juga tidak melakukan hal-hal yang membatalkan Wudhu'.

Namun yang jadi masalahnya, sebelum Wudhu' kan di sunnahkan untuk membaca Bismillah, dan juga sunnah membaca do'a-do'a ketika membasuh anggota Wudhu', seperti ketika membasuh tangan, membasuh wajah, membasuh kepala hingga akhir anggota Wudhu', semuanya ada do'anya masing-masing, juga setelah Wudhu' sunnah untuk membaca do'a, maka apa yang harus kita lakukan dalam menyingkapi hal ini?

Habib Novel memberikan cara kepada kita dalam menyingkapi hal ini, bahwa pada dasarnya lebih baik kita jangan Wudhu' di Toilet, jika memang masih ada tempat yang lain, namun bila memang tidak ada tempat lain, sehingga membuat kita terpaksa harus berwudhu' di Toilet, maka masih bisa untuk kita lakukan sunnahnya Wudhu', seperti membaca bismillah sebelum masuk kedalam Toilet, dalam artian kita membaca bismillah nya diluar Toilet, kemudian langsung masuk dalam Toilet untuk Wudhu'.

Juga berkaitan dengan do'a setelah Wudhu', Habib Novel Alaydrus menganjurkan kita untuk membaca do'a tersebut di luar Toilet, setelah kita berwudhu.

Namun berkaitan tentang do'a-do'a yang sunnah kita baca saat saat membasuh muka, membasuh tangan, dan lainnya, bagaimana dengan do'a ini.?

Berarti jika memang kita berwudhu toilet maka do'a tidak boleh kita baca, beda halnya dengan dua perkara yang tadi.

Untuk selengkapnya, saya sarankan kepada para pembaca agar menyimak penyampaian lengkap dari Habib Novel Alaydrus pada kanal YouTube beliau, di Video yang diunggah tanggal 8 April 2017 M.

Tekan link Berikut ini : Bolehkah Wudhu' di Toilet, oleh Habib Novel Alaydrus

Post a Comment for "Apa Hukumnya Wudhu' di Toilet ? ini Jawaban Habib Novel Alaydrus"